Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 1 RAIJUA SUKSES GELAR UJIAN ANBK

 

(Foto: Para peserta didik SMA Negeri 1 Raijua melakukan pose bersama setelah mengikuti Ujian ANBK)

Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, sukses menggelar Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022 selama 3 hari, yakni Selasa-Kamis (30-31/8-1/9/2022). Asesmen Nasional (AN) yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Raijua tersebut merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

 

Pada kesempatan tersebut, Proktor Utama ANBK SMA Negeri 1 Raijua, Kirenius Kana Bile, S.Pd., menuturkan bahwa proses pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 1 Raijua berjalan aman dan lancar, walaupun terdapat sedikit kendala secara teknis. Namun, hal tersebut, ujar Kirenius, dapat ditanggulangi secara baik oleh kerja sama para teknisi.

 

“Tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Ada sedikit kendala teknis tetapi bisa ditanggulangi. Semua berjalan tanpa gangguan serius selama proses berlangsung dari tahap persiapan, simulasi, gladi bersih, sampai pada tahap pelaksanaan. Perlu diketahui juga pelaksanaan ANBK tahun ini masih sama seperti tahun lalu dengan sistem semi-daring (offline) karena terbatasnya jaringan internet,” tandas Kirenius.



Hal yang sama juga disampaikan oleh Teknisi, Jendri H. Tiran, S.Pd. Menurutnya, progres persiapan ANBK tahun 2022 di SMA Negeri 1 Raijua tersebut bisa menjadi acuan untuk tahun-tahun ke depannya guna melaksanakan ANBK secara online. Hal itu, tegasnya,  bisa teraktualisasi dengan baik bila adanya kerja sama yang apik dari setiap stakeholder.

 

Semoga pemerintah lebih melihat lagi sarana jaringan yang memadai, sehingga penyelenggaraan ANBK berikutnya berlangsung secara online dan tidak menyedot energi yang banyak, baik waktu, tenaga, dan juga anggaran,” harap Jendri.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Raijua, Martinus Lay Wadu, SPd., menyampaikan apresiasi kepada proktor, teknisi, dan seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan pelaksanakan Ujian ANBK tersebut. Meskipun SMA Negeri 1 Raijua berada di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terpencil), dirinya tetap bersyukur karena adanya berbagai upaya yang dilakukan oleh proktor dan teknisi guna menyesuaikan pelaksanakan Ujian ANBK dengan baik dan sukses.

                 

Adapun peserta didik yang mengikuti Ujian ANBK berjumlah 45 orang sebagai peserta inti dan 5 orang sebagai cadangan dari kelas XI. Para peserta dipilih secara acak oleh sistem dan seorang pengawas dari SMP Negeri 2 Raijua.



Untuk diketahui, Asesmen Nasional (AN) dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur literasi membaca dan literasi matematika (Numuerasi) peserta didik. Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik. Serta, Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. (Ande Koro/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments