Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BSM SMK SURA DEWA GELAR PEMENTASAN TEATER

 

(Foto: Dokumentasi Pementasan Teater "Main Gila" oleh BSM SMK Sura Dewa)


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Bengkel Seni Milenial (BSM) SMK Sura Dewa, Kabupaten Flores Timur, menggelar Kegiatan Pementasan Teater berjudul “Main Gila”, Jumat (9/9/2022). Pementasan yang di Panggung Kreasi SMK Sura Dewa tersebut turut dihadiri oleh Ketua PGRI Flores Timur, Maksimus Masan Kian; Ketua IGI Flores Timur, Damianus Tukan; Praktisi Teater, John Da Silva; dan Kepala SMK Sura Dewa, Ahmad Taher.

 

Pementasan teater yang berlangsung pada pukul 18.15-19.00 Wita tersebut disutradarai oleh peserta didik SMK Sura Dewa, Emerlinda Intan, yang juga merupakan Ketua Divisi Teater BSM SMK Sura Dewa. Pemilihan Emerlinda sebagai sutradara tentunya merujuk pada naskah teater yang mengusung tema remaja, sehingga suasana dan karakter seorang remaja harus terasa dalam proses pementasan teater tersebut.

 

Pada kesempatan tersebut (di akhir pementasan), digelar diskusi terkait teater yang dipentaskan oleh BSM SMK Sura Dewa tersebut. Ahmad Taher, selaku Kepala SMK Sura Dewa, sangat mengharapkan agar teater tersebut bisa kembali dipentaskan di panggung yang lebih besar. Di dalam diskusi tersebut, terdapat beberapa pembicara yang turut mengomentari substasi dan teknis pembawaan teater, yakni John Da Silva selaku Praktisi Teater dari Nara Teater, Anita Guru selaku Guru BK SMK Sura Dewa, Emerlinda selaku Sutradara Teater, dan Zaeni Boli selaku Penulis Naskah.



Dari diskusi tersebut, para pembicara memberikan beberapa masukan terkait vokal pemain dan hal-hal dasar lainnya dalam sebuah pementasan teater. Selain itu, Ketua PGRI Flores Timur, Maksimus Masan Kian, turut memberikan pendapat tentang durasi pertunjukan yang (masih) terlalu singkat. Segala masukan dan pendapat yang diberikan oleh para pembicara pun diterima dengan baik oleh para anggota BSM SMK Sura Dewa dan berjanji akan berupaya untuk memperbaikinya pada pementasan berikutnya.

 

Pentas tersebut adalah ruang belajar alternatif bagi anggota BSM SMK Sura Dewa untuk mengenali potensi diri sebagai remaja zaman ini. Lewat pertunjukan teater,  anak anak BSM SMK Sura Dewa tidak sekedar belajar tentang pementasan, tetapi juga hal hal lain di luar itu, seperti sikap disiplin, bertanggung jawab, dan gotong royong. Semua hal baik tersebut harus terus dijaga sebagai bentuk pembelajaran pendidikan karakter dan juga semangat merdeka belajar. 



Mengenal BSM SMK Sura Dewa

 

Bengkel Seni Milenial (BSM) merupakan salah satu ekskul yang cukup produktif dalam berkarya sejak didirikan pada tahun 2018. BSM sendiri selalu aktif dalam pembuatan karya, seperti garapan teater. Pada tahun 2022 ini, BSM SMK Sura Dewa memproduksikan sebuah karya berjudul “Main Gila”. Karya tersebut juga diikutsertakan dalam Lokakarya  Penulisan Naskah Teater Remaja Dewan Kesenian Jakarta 2022. Karya tersebut bercerita tentang  permasalahan remaja yang kompleks  .

 

Untuk diketahui, salah satu manfaat dari bermain teater adalah membuat anak atau peserta didik menjadi lebih percaya diri. Banyak peserta didik hari ini yang memiliki masalah dengan rasa percaya diri. Contoh sederhananya, anak sulit untuk bisa tampil atau maju ke depan kelas saat guru meminta untuk mempresentasikan pelajaran yang diajarkan. Kebanyakan anak merasa malu dan kikuk. Untuk itu, dengan hadirnya ekskul, seperti BSM SMK Sura Dewa, maka anak-anak atau peserta didik bisa terbiasa meningkatkan rasa percaya dirinya. (Zaeni Boli/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments