Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK, SMA KATOLIK FQI KEFAMENANU GELAR KEGIATAN BINA IMAN

 

Foto: Kepala Kantor Kemenag Kabupaten TTU, Fransiskus Kehi, saat memberikan sambutan pada Kegiatan Bina Iman di SMA Katolik FQI Kefamenanu.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Dalam meningkatkan kualitas peserta didik, Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Fides Quarens Intelectum (FQI) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menggelar Kegiatan Bina Iman bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten TTU selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (4-6/8/2022). Kegiatan yang berlangsung di halaman SMA Katolik FQI Kefamenanu tersebut bertujuan untuk memperkuat moral dan karakter peserta didik di tengah perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi atau globalisasi beserta perubahan-perubahan sosial yang terjadi di dalamnya.

 

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten TTU, Fransiskus Kehi menegaskan bahwa moderasi beragama sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal itu, ujarnya, berperan untuk menciptakan kehidupan yang rukun, damai, dan sejahtera.

 

Sementara itu, Pater Jose Nitsae, OFM. Conv menandaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah juga untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam bidang iman, moral, dan spiritual.



Sedangkan, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Wandelinus Manikin menjelaskan bahwa pendidikan merupakan wadah untuk mewujudkan nilai-nilai luhur bangsa dengan mencerdaskan kehidupan bangsa bagi para penerus bangsa, serta Gereja terpanggil untuk membina mental dan iman para generasi muda, sehingga SMA Katolik FQI memandang perlu untuk memiliki satu kekhasan atau keunikan karakter yang mesti dimiliki oleh peserta didik.

 

“Kekhasan tersebut tertuang dalam tiga keutamaan, yakni fraternitas, minoritas, dan konventualitas. Ketiganya merupakan semangat yang diinspirasi oleh Santo Fransiskus Asisi, Pendiri Ordo Fransiskan Konventual yang sedang menahkodai tugas kegembalaan dalam bidang pendidikan di daerah ini. Untuk itu, ketiga keutamaan tersebut harus menjadi roh dan semangat setiap peserta didik di lembaga tersebut,” tambahnya.


(Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Bina Iman SMA Katolik FQI Kefamenanu, Wandelinus Manikin)


Pantauan media, kegiatan yang didukung oleh Kantor Kemenag Kabupaten TTU tersebut mengusung tema “Menghayati Fraternitas, Minoritas, dan Konventualitas” serta diikuti 200 orang peserta didik di sekolah tersebut. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments