Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SD, SMP, DAN SMA SE-PAROKI WEBRIAMATA IKUTI MISA PEMBUKAAN TAHUN AJARAN BARU

 

Foto: Suasana Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru bagi SD, SMP, dan SMA se-Paroki Webriamata.


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Sejumlah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Paroki Sto. Yohanes Rasul Webriamata mengikuti Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru, Jumat (28/7/2022). Misa yang dilangsungkan dua kali tersebut dipimpin oleh Pastor Paroki Webriamat, RD. Frederikus Oeleu pada sesi pertama dan RD. Kristian Kali pada sesi kedua, serta dihadiri oleh para peserta didik dan beberapa kepala sekolah.  

 

Pada misa pertama, dalam kotbahnya, RD. Frederikus memberikan gambaran filosofis terkait lembaga pendidikan, peserta didik, dan guru. Menurutnya, lembaga pendidikan ibarat sebuah pukat yang selalu siap menampung banyak ikan. Ikan-ikan tersebut, ujarnya, merujuk pada diri para peserta didik yang sedia menerima berbagai perubahan dalam jaring-jaring pukat. Perubahan-perubahan yang terjadi, sambung RD. Frederikus, merupakan terobosan dan hasil kerja para guru yang berperan sebagai tenaga pendidik.  


RD. Frederikus Oeleu.

“Guru perlu belajar dari Allah yang membentuk tanah liat menjadi sebuah sesuatu yang indah. Allah membentuk manusia dari tanah liat menjadi pribadi dan individu yang baik. Bapak dan Ibu Guru juga perlu membentuk anak-anak dari yang tidak ada apa-apanya menjadi orang yang pintar dan bertanggung jawab terhadap diri. Pribadi manusia dibentuk sungguh-sungguh sehingga para guru tidak sekedar membagi teori, tetapi juga turut membentuk karakter peserta didik,” tambah RD. Frederikus.  

 

Sementara itu, pada misa kedua, RD. Kristian menegaskan bahwa proses belajar tidak hanya untuk kepentingan sekolah semata, tetapi juga untuk bekal kehidupan. Di dalam proses belajar itu, tandasnya, semua peserta didik perlu menumbuhkan ketekunan untuk terus menggali diri. Dengan demikian, ungkap RD. Kristian, secara perlahan, para peserta didik bisa menjadi pribadi yang baik dan dapat membanggakan semua orang.  


RD. Kristian Kali.

“Semua manusia pasti tidak mau susah dan tidak mau masuk neraka. Semua mau hal yang baik dan tidak ada yang mau supaya buruk. Semua harus bisa menjadi kebanggaan bagi banyak orang. Semoga di tahun ajaran baru ini, hal-hal yang buruk kita tinggalkan dan komitmen baru untuk hal-hal yang baik kita kuatkan,” pesan RD. Kristian di akhir kotbahnya.

 

Pantauan media, misa pertama dihadiri oleh warga SDK Umatoos Fatuk, SDI Biris, SDI Halibenaus, SDKWebrimata, SDK Kota Bone, SDK Halibibi, SDI Klisuk, SDN Webrianomen, SMPN Loofoun, dan SMPN Badarai. Sedangkan, misa kedua dihadiri oleh warga SMP Pelita Jaya Webriamata, SMP SATAP Biris, SMP 17 Rabis, SMAN Webriamata, SMAS Loofoun Bone, SMK Badarai, SMAS Lalian Tolu, dan SMAS 17 Agustus Rabasa Biris. (Felix Natu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments