Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

REKTOR UT PUSAT PIMPIN UPACARA HUT KE-77 RI DI RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO

 

(Foto: Suasana Upacara Bendera Memperingati HUT Ke-77 RI di Rumah Pengasingan Bung Karno, Ende)


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia (RI), Universitas Terbuka (UT) Pusat menggelar upacara bendera di Halaman Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di Jalan Perwira, Kelurahan Kota Raja, Kabupaten Ende, Rabu (17/8/2022). Seremonial tersebut turut dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor UT Pusat, Direktur dan Kabag UPBJJ UT Kupang, Inspektorat Daerah Kabupaten Ende, serta Ketua POKJAR, Sekretaris dan para mahasiswa UT Ende.

 

Dalam sambutannya selaku Inspektur Upacara, Rektor UT Pusat, Prof. Ojat Darojat, M.Bus,Ph.D., menuturkan bahwa para pendahulu bangsa berani mengumandangkan kemerdekaan RI dengan membacakan Teks Proklamasi, mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih, sekaligus menyatakan kedaulatan RI pada 77 tahun yang lalu. Hal itu, ujarnya, menjadi awal catatan sejarah kemerdekaan bagi seluruh Bangsa Indonesia. 

 

“Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah, khususnya pada tahun ini kita memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia dengan semangat ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. Semangat tersebut telah kita buktikan melalui presidensi tahun 2022, dengan peran besar Kemendikbudristek dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan,”



“Kita telah memberi contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Belajar,” tambahnya Prof. Ojat Darojat.

 

Lebih Lanjut Prof, Ojat mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh UT di Rumah Pengasingan Bung Karno. Hal itu, sambungnya, merupakan momen yang sangat luar biasa bagi UT, serta tidak menutup kemungkinan akan kembali digelar di setiap daerah yang memiliki situs bersejarah di Indonesia.



 


Untuk diketahui, Kabupaten Ende dipilh secara khusus oleh Rektor UT Pusat untuk menyelenggarakan Upacara HUT Ke-77 RI di Rumah Pengasingan Bung Karno dari 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka yang ada di Indonesia maupun 1 UPBJJ-UT yang ada di luar Negeri. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments