Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PRODI BIOLOGI UNWIRA KUPANG GELAR KKBM DI NIKI-NIKI

 

(Foto: Kelompok Mahasiswa Prodi Biologi, Unwira Kupang, saat melaksanakan KKBM di Niki-niki)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Biologi, Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, menggelar Kegiatan Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM) di Niki-niki, Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), selama satu minggu (14-21/8/2022).

 

Kepada media ini, Ketua Prodi Biologi Unwira Kupang, Drs. Lukas Seran, M.Kes, menandaskan bahwa terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan pada KKBM kali ini, diantaranya Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para guru dalam penulisan proposol, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Karya Tulis Ilmiah di Aula SMP Katolik St. Aloysius Niki-niki.  

 

“Untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD) dilakukan sosialisasi peduli lingkungan dan uji vitamin C, sementara untuk SMP dilakukan sosialisasi pola hidup sehat berbasis gizi seimbang, sedangkan untuk SMA dilakukan uji golongan darah dan mempromosikan kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Jadi, tidak saja kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilakukan, tetapi ada juga kerja bakti sosial” sambungnya.



Selain itu, Lukas juga menjelaskan bahwa untuk penulisan PTK bagi para guru, pihaknya akan terus melakukan pendampingan sampai pada penerbitannya di jurnal ilmiah yang terakreditasi. Sedangkan untuk uji golongan darah, ujarnya, akan dilaksanakan pada Jumat (19/8/2022) di SMA Katolik Stella Maris Niki-niki dan SMP Katolik St. Aloysius Niki-niki.

 

Sementara itu, panitia dan mahasiswa Prodi Biologi, Riski Tefa dan Sr. Sari, RVM, yang sempat diwawancarai media ini, menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang berada di Wilayah Niki-niki dan sekitarnya, baik tingkat SD, SMP, maupun SMA.  

 

“Di sini ada dua SMA, yakni SMA Negeri 1 Amanuban Tengah dan SMAK Stella Maris Niki-niki, serta satu SMK ,yakni SMK Kristen Niki-niki. Sementara, untuk SMP, ada SMPK Aloysius Niki-niki, SMP Negeri Amanuban Tengah, dan SMP Kristen. Sedangkan, untuk tingkat SD, ada SDK Yaswari Niki-niki, SD GMIT Niki-niki dan SD Inpres Ekpulen,” jelas keduanya.



Sedangkan, salah seorang guru yang enggan menyebutkan namanya memberikan apresiasi dan kesan yang positif terkait penyelenggaraan KKBM tersebut, meskipun sempat bersamaan dengan kesibukan perayaan HUT Ke-77 RI. “Kegiatan yang dilakukan ini bagus, namun waktu yang kurang tepat karena bertepatan dengan perayaan HUT Ke-77 RI, sehingga ada kesibukan dengan perayaan tersebut yang mengakibatkan kita tidak fokus pada kegiatan yang dilakukan,” pungkasnya. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments