Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNIVERSITAS TERBUKA SOSIALISASI DAN PROMOSI PROGRAM S2 DAN S3 BAGI ASN DI LINGKUP PEMDA ENDE

 

Foto: Suasana Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Program Pascasarjana (S2) dan Doktoral (S3) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Ende, Jumat (29/7/2022). 


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul, profesional, dan mampu bersaing di dunia kerja, Universitas Terbuka menggelar Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Program Pascasarjana (S2) dan Doktoral (S3) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Ende, Jumat (29/7/2022). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Garuda Kantor Bupati Ende tersebut turut dihadiri oleh Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad.,M.M; Direktur Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pusat, Dr. Siti Julaeha, M.A; dan Direktur UPBJJ Univeritas Terbuka Kupang, Drs. Yos Sudarso, M.Pd.

 

Dalam sambutan pembukanya, Djafar mengungkapkan bahwa pihak Pemda Ende sangat mengapresiasi Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Program Pascasarjana (S2) dan Doktoral (S3) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka tersebut. Menurutnya, pendidikan mampu memberikan manfaat dan pengaruh yang positif bagi kemajuan daerah. Hal itu, tegas Djafar, juga berkaitan erat dengan tuntutan kerja yang membutuhkan aparatur yang handal, profesional, dan berkarakter. Oleh karena itu, Djafar berharap agar agenda pemgembangan kompetensi pegawai dapat diintegrasikan pada program di setiap organisasi, sehingga ke depannya memberikan dampak positif bagi pengembangan kualitas, baik bagi individu maupun organisasi bersangkutan.

 

“Kegiatan ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang lebih mumpuni dan berakhlak dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan, terkhusus bagi peningkatan kualitas pelayanan publik. Para peserta dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan juga dengan kegiatan sosialisasi ini memberikan motivasi untuk mulai berpikir bahwa pengembangan potensi diri saat ini mejadi suatu kebutuhan sesuai tuntutan dunia kerja saat ini,” tandas Djafar saat membuka kegiatan secara resmi.



Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Siti Julaeha selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM aparatur di lingkup Pemda Ende. “Program Pascasarjana di Universitas Terbuka dapat membantu Pemerintah Kabupaten Ende untuk meningkatkan kualitas yang profesional. Kualitas itu bukan hanya secara individu, akan tetapi secara organisasi untuk meningkatkan citra dari Lingkup Pemda Kabupaten Ende,” terangnya.  

 

Sementara itu, Drs. Yos Sudarso selaku Direktur UPBJJ Univeritas Terbuka Kupang menerangkan bahwa sejak tahun 2013, Universitas Terbuka telah melahirkan lebih dari 2000 lulusan. Hal itu, ujarnya, terus memacu antusiasme masyarakat, sehingga tercatat hingga saat ini, terdapat 2400 lebih mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Universitas Terbuka.

 

Lebih lanjut, jelas Sudarso, Universitas Terbuka juga menawarkan berbagai Program Studi (Prodi) Terakreditas A dan B yang tentunya sesuai dengan kondisi di setiap daerah. Selain itu, sambungnya, ada pula berbagai program yang disiapkan oleh pihak Universitas Terbuka, seperti Perangkat Desa dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Sudarso juga menuturkan bahwa kegiatan perkualiahan di Universitas Terbuka bisa dilakukan secara online, sebab Universitas Terbuka telah dianggap sebagai Perguruan Tinggi Pioner Jarak Jauh.  



Pantauan media, Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Program Pascasarjana (S2) dan Doktoral (S3) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Ende tersebut turut dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Para Asisten Sekretaris Daerah, Kelompok Belajar (POKJAR) Universitas Terbuka Ende, serta jajaran ASN Pada Lingkup Pemda Ende. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments