Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

TBM RUMAH KREATIF SAHABAT NUSANTARA IKUTI PERLOMBAAN HUT KE-76 BHAYANGKARA

 

Foto : Dokumentasi TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara dalam Kegiatan Perlomba HUT Ke-76 Bhayangkara.


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Kreatif Sahabat Nusantara berkesempatan untuk mengikuti Perlombaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Bhayangkara yang diselenggarakan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Pulau Ende di Kecamatan Pulau Ende selama seminggu, yakni Rabu-Selasa (22-28/6/2022). Pada kesempatan tersebut, TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara diberikan ruang untuk mengikuti mata lomba yang berkaitan erat dengan nilai-nilai literasi, seperti renang dan puisi. Hal itu disampaikan oleh Ketua TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, Hifni Djafar.

 

Hifni menjelaskan bahwa lomba renang juga mengandung nilai literasi budaya, sebab dalam bahasa setempat, renang disebut dengan istilah nangu. Nangu merupakan aktivitas keseharian yang dilakukan oleh masyarakat Pulau Ende untuk mencari nafkah, terutama yang mendiami wilayah pesisir. Hal itu, terang Hifni, telah menjadi aktivitas budaya yang melekat dalam diri masyarakat Pulau Ende.


Salah seorang peserta lomba sedang membacakan puisi.

“Selain lomba renang, ada juga lomba puisi yang diikuti oleh TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara. Lomba ini ada nilai literasi yang dikembangkan, yaitu literasi baca-tulis dan literasi budaya dimana dalam perlombaan ini para peserta membacakan puisi yang berjudul Puisi Untuk Polisi dengan ekspresi serta diiringi dengan musik,” sambung Hifni ketika dihubungi oleh media ini melalui sambungan telepon, Kamis (30/6/2022).


Di sela-sela kegiatan tersebut, Hifni turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Polsek Pulau Ende yang telah mendukung dan membantu jalannya gerakan literasi di Wilayah Pulau Ende. Hifni juga memberikan buku karyanya sendiri yang berjudul Literasi Di Pulau Ende kepada Kapolsek Pulau Ende dan disaksikan oleh Camat Pulau Ende. Untuk diketahui, anak-anak binaan TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara berhasil meraih Juara 3 untuk Lomba Renang Kategori SD dan SMP serta Juara 2 untuk Lomba Puisi Kategori SD.   


Penyerahan buku berjudul "Literasi di Pulau Ende" oleh Ketua TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, Hifni Djafar kepada Kapolsek Pulau Ende dan disaksikan oleh Camat Pulau Ende.

Selain Lomba Renang dan Puisi, pihak Polsek Pulau Ende juga menggelar mata lomba lainnya, yakni Lomba Dayung Beregu; Lomba Renang; Lomba Tarik Tambang; Lomba Puisi Tingkat SD, MIS, SMP, MTS, SMA, MAS; Lomba Bulu Tangkis Ganda; dan Lomba Lari Sarung Sepasang Suami Istri. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kapolsek Pulau Ende, Camat Pulau Ende, Ketua TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, dan Komunitas Kotajogo yang merupakan salah satu mitra dari TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments