Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TAHUN INI KEMENAG KEMBALI GELAR ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH

 

(Foto: Kemenag)


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Kementerian Agama tahun ini akan kembali menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Dirancang sejak 2020, AKMI kali pertama dilaksanakan setahun kemudian, 2021.

 


Sekretaris Ditjen Pendis, Rohmat Mulyana mengatakan AKMI digelar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah, dan itu menjadi salah satu konsen Kementerian Agama. Literasi dimaksud mencakup literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya.

 


“Kementerian Agama sejak 2020 merancang program AKMI untuk membantu mendiagnosis kemampuan literasi siswa dan secara umum mereformasi pendidikan madrasah,” terangnya di Jakarta, Selasa (19/7/2022).

 


Rangkaian pelaksanaan AKMI tahun 2022 didahului dengan beberapa kegiatan, salah satunya sosialisasi AKSI/AKMI di tingkat provinsi. Kanwil Kementerian Agama provinsi melalui Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam mengundang Kepala Kemenag Kab/kota untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai pelaksanaan AKMI. 

 


Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam rentang Juli-Agustus 2022. Materi sosialisasi terkait kebijakan asesmen madrasah, pendataan AKMI, penyiapan sarana pendukung AKMI, dan evaluasi pelaksanaan AKMI.

 


Rohmat Mulyana menegaskan bahwa  AKMI penting bagi peningkatan mutu pembelajaran siswa madrasah. “Kerjasama Kemenag dengan Bank Dunia melalui skema program REP MEQR atau reformasi mutu madrasah selama 2020-2024 ini mesti dijadikan titik pijakan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan madrasah,” tegasnya.

 


Kemenag, lanjut Rohmat, mempunyai empat komponen yang dikerjasamakan dengan Bank Dunia. Selain AKMI, ada ERKAM (Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah), PKB (Pengembangan Keprofesian berkelanjutan), dan Perbaikan Data Madrasah (EMIS).

 


“Komponen AKMI sangat strategis. Saya harap Kanwil dan Kemenag Kab/kota dapat mendukung secara total program ini,” tegas doktor yang lama berkecimpung di dunia pendidikan ini di hadapan para Kabid Pendidikan Madrasah/Islam di Jakarta. (Mujahid/Kemenag/MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments