Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMPK FRATERAN NDAO GELAR BIMTEK LITERASI

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Frateran Ndao, Ende menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi bagi para peserta didik dan guru pendamping selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (9-11/6/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut mengusung tema Sacrifice is My Soul, Achievement is My Breath serta dihadiri oleh Penanggung Jawab Kegiatan Bimtek Literasi SMPK Frateran Ndao, Sirilus K. Sara, S.Pd.  

 

Kepada media ini, Sirilus mengungkapkan bahwa Kegiatan Bimtek Literasi tersebut sangat bermanfaat bagi para peserta didik, terutama dalam melatih dan mengasah kemampuan untuk menghasilkan karya tulis kreatif yang menarik untuk dibaca. Selain itu, Sirilus juga berharap agar kegiatan tersebut bisa terus berlangsung secara berkesinambungan.  

 

“Kegiatan ini sangat bagus untuk peserta didik SMPK Frateran Ndao karena dengan adanya kegiatan ini akan membantu para peserta didik dalam melatih cara menulis sebuah karya tulis yang bagus, sehingga nanti setelah mereka selesai belajar, para peserta didik bisa menulis berita, puisi ataupun surat yang menarik. Harapannya, Kegiatan Bimtek Literasi ini tidak hanya satu kali, tetapi dilaksanakan secara berjenjang setiap semesternya agar peserta didik terus dibimbing dan dimotivasi serta semakin aktif terlibat dalam setiap kegiatan literasi,” ujar Sirilus mewakili Kepala SMPK Frateran Ndao.



Sementara itu, secara terpisah, Kepala SMPK Frateran Ndao, Fr. Yohanes Berchmans, BHK.,MPd memberikan apresiasi bagi penyelenggaraan Kegiatan Bimtek Literasi tersebut. Menurutnya, momen tersebut mampu mendorong para peserta didik untuk menjadi pelopor dan penggerak bagi peserta didik lainnya dalam mengakarkan budaya literasi (membaca dan menulis) di lingkungan sekolah.

 

“Saya berharap melalui kegiatan ini, para peserta didik harus bisa menghasilkan karya dalam bentuk apapun dan sesuai dengan kemampuan dan potensi  yang ada dalam diri peserta didik. Selain itu, bisa menjadi pionir dan penggerak untuk para peserta didik lainnya,” ucap Fr. Yohanes ketika di temui di ruang kerjanya.

 

Senada dengan itu, Perwakilan Formator MPC NTT, Yoseph Freinademetz Raden menuturkan bahwa pihak MPC NTT sangat mengapresiasi langkah SMPK Frateran Ndao dalam menyelenggarakan Kegiatan Bimtek Literasi.

 

“Saya dan teman-teman dari MPC NTT mengapresiasi langkah dari SMPK Frateran Ndao dalam kegiatan literasi ini. Kegiatan literasi ini diharapkan mampu menghasilkan output berupa tulisan siswa yang nantinya akan dibukukan sebagai suatu karya bersama,” tandasnya.



Untuk diketahui, Kegiatan Bimtek Literasi di SMPK Frateran Ndao tersebut diikuti oleh 3 guru pendamping dan 28 peserta didik dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) yang ada. (Jamil/MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments