Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MAN ENDE GELAR KEGIATAN MADRASAH YOUNG RESEACHERS SUPERCAMP (MYRES) TAHUN 2022

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan Myres di MAN Ende.


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung proses seleksi peserta didik dalam Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende menggelar Kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) Tahun 2022, Jumat (24/6/2022). Kegiatan tersebut merupakan review usulan proposal untuk menyeleksi para peserta didik dalam beberapa bidang kompetisi, yakni Ilmu Keagamaan Islam (IKI); Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH); serta Ilmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi. Hal itu disampaikan oleh Penanggung Jawab Kegiatan Myres MAN Ende, Mahmud Mohamad.

 

“Kegiatan Myres ini melibatkan peserta didik Madrasah Aliyah khususnya dalam hal mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah di Tingkat Nasional yang diberikan oleh Kementerian Agama dalam hal ini Bidang Pendidikan Islam. Karya Tulis Ilmiah yang telah dibuat akan di-upload pada Website Kementerian Agama, khususnya di Bidang Pendidikan Islam. Setelah itu, dokumen atau proposal di-review dan diteliti oleh tim yang ditunjuk oleh Tim Penilai dan selanjutnya akan diumumkan hasilnya,” ungkap Mahmud.

 

Mahmud menambahkan peserta didik yang dinyatakan lolos akan dibimbing oleh para mentor dari Tim Pusat, sehingga sangat diperlukan kesiapan dan keseriusan dari para peserta dalam Kegiatan Myres tersebut. Dalam praktiknya, ujar Mahmud, para peserta didik kerap memperoleh kendala terkait akses bahan bacaan atau literatur yang bisa dijadikan referensi. Namun, pada tahun ini, sambung Mahmud, para peserta dalam Kegiatan Myres tersebut telah mengajukan 20 judul Karya Tulis Ilmiah dan telah di-review oleh Tim Penilai dari Universitas Flores (Uniflor) Ende.


Salah satu peserta Kegiatan Myres, Adinda Ika Putri Yowanda.

Sementara itu, salah satu peserta Kegiatan Myres, Adinda Ika Putri Yowanda mengungkapkan bahwa dirinya mengambil topik penelitian terkait Generasi Alfa yang tumbuh dan berkembang di era digital saat ini. Penelitian tersebut, imbuhnya, bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan media digital yang tepat di kalangan Generasi Alfa.

 

“Proposal penilitian Generasi Alfa bertujuan agar anak-anak zaman sekarang mengetahui cara penggunan alat digital dengan baik dan tentu bukan bersenang-senang, tetapi banyak hal yang bisa dicari informasi pelajaran di alat digital ini, seperti media sosial. Semoga dengan adanya Kegiatan Myres ini anak-anak zaman sekarang lebih memahami cara penggunaan alat digital dengan bijak,” ujar Adinda yang merupakan peserta didik kelas XI IPS 1.



Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh 2 Anggota Tim Reviewer, yakni Dr. Sri Wahyuni, SP.,M,Si (Dekan Fakultas Pertanian Uniflor) dan Dr. Mansyur Abdul Hamid, SE.,MM (Dosen Fakultas Ekonomi Uniflor). Kegiatan Myres tersebut juga diikuti oleh 21 peserta didik MAN Ende beserta guru pembimbing. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

1 Comments

  1. Assalamu'alaikum...Terimaksih Cakrawala.com sudah meliput kegiatan kami di MAN Ende

    ReplyDelete