Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KOMUNITAS ACIL ENDE DAN PLN PEDULI GELAR KEGIATAN PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan Komunitas ACIL Ende.

Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung pemanfaatan limbah untuk pemberdayaan masyarakat secara ekonomis, Komunitas Anak Cinta Lingkungan (ACIL) Ende dan PLN Peduli menggelar Kegiatan Pelatihan Pengolahan Sampah di Saung Komunitas ACIL Ende, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Kamis (16/6/2022). Kegiatan yang mengusung tema “Optimalisasi Pengolahan Sampah Plastik sebagai Penunjang Ekonomi Masyarakat” tersebut dihadiri oleh Ketua Komunitas ACIL Ende, Manager PT PLN (Persero) UPP NUSRA II, Camat Ende Utara, Lurah Kota Raja, Bhabinkatibmas, dan kelompok-kelompok pelatihan pengolahan sampah plastik di Lingkungan Ambugaga.  

 

Dalam arahan pembukanya, Ketua Komunitas ACIL Ende, Umar Hamdan menjelaskan gerakan literasi yang dijalankan oleh Komunitas ACIL Ende berfokus pada alam, lingkungan, pendidikan, karakter anak, dan pendampingan atau pemberdayaan kelompok masyarakat. Salah satunya, ujar Umar, adalah pengolahan dan pemanfaatan sampah plastik menjadi sesuatu dengan nilai ekonomis. Hal itu, sambungnya, bisa mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende dalam mewujudkan Program “Ende Bebas dari Masalah Sampah”

 

“Ada sekitar 21 kelompok masyarakat yang diberdayakan, baik itu kelompok sekolah, universitas, maupun masyarakat di kelurahan atau desa. Sudah ada unit-unit Bank Sampah yang dibentuk oleh Komunitas ACIL Ende yang mana dengan adanya Bank Sampah ini diharapkan masyarakat bisa mengelolanya dengan baik, sehingga bisa menjadi nilai ekonomis dan membantu mewujudkan Program ‘Ende Bebas dari Masalah Sampah’ dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ende,” terang Umar.  



Lebih lanjut, Umar menambahkan bahwa terdapat berbagai program dan inovasi dari Bank Sampah yang sudah dijalankan oleh Komunitas ACIL Ende, seperti pembayaran token listrik dengan sampah. Hal itu, imbuhnya, dilakukan dengan cara mengumpulkan sampah-sampah plastik yang dibuang untuk ditukar lagi dengan token listrik.

 

Selain itu, salah satu program dan inovasi yang juga sedang dijalankan oleh Komunitas ACIL Ende, sambung Umar, adalah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan Bank Sampah di Desa Nuamuri Barat, Kecamatan Kelimutu. Untuk itu, Umar berharap agar dengan kerja kolaborasi bersama PT PLN (Persero) UPP NUSRA II, Program “Ende Bebas dari Masalah Sampah” bisa terwujud dengan baik.

 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Manager PT PLN (Persero) UPP NUSRA II, Leonard S. M. Simatupang memberikan apresiasi dan rasa bangga atas terjalinnya kerja kolaborasi bersama Komunitas ACIL Ende dalam mengelola sampah plastik menjadi sesuatu dengan nilai ekonomis, sekaligus mendukung Program Bank Sampah untuk membantu perekonomian masyarakat. Menurutnya, hal tersebut telah menjadi tanggung jawab sosial pihak PLN dalam menjalankan proses bisnisnya yang berwawasan lingkungan.  



Sedangkan, Camat Ende Utara, Zainudin Ismail juga turut memberikan apresiasi yang positif bagi Komunitas ACIL Ende dan PLN Peduli yang terus memberikan edukasi terkait cara pengolahan limbah atau sampah plastik kepada masyarakat luas, terutama di Wilayah Kabupaten Ende.

 

“Saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada rekan-rekan PT PLN UPP NUSRA II yang sudah berusaha mendampingi kelompok ini dan memberikan edukasi kepada masyarakat’’



Untuk diketahui, PLN Peduli melalui Program Corporate Social Responbility (CSR) & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan secara simbolis kepada Komunitas ACIL Ende melalui Umar Hamdan selaku Ketua Komunitas ACIL Ende dan disaksikan oleh Camat Ende Utara, Zainudin Ismail. Bantuan tersebut secara simbolis berupa 4 buah tempat sampah botol plastik, 2 buah mesin jahit, dan 1 buah mesin obras dengan nilai total sebesar Rp. 50.000.000. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments