Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KEMENKO PMK KERJA SAMA DENGAN FES UNTUK PROGRAM SEKOLAH HARMONI INDONESIA

 

Foto : Kemenko PMK.


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam hal ini Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda akan bekerja sama dengan Friedrich Ebert Stiftung (FES) membuat program Sekolah Harmoni Indonesia (SHI) tahun 2022.

 


Program SHI adalah salah satu kegiatan kerja sama antara Asisten Deputi Pemberdayaaan Pemuda, Kemenko PMK dan Friedrich-Ebert-Stiftung (FES) Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan bermitra juga dengan Pusat Studi Islam dan Kewarganegaraan (PSIK) Indonesia.


 

Sekolah Harmoni Indonesia merupakan program yang menyoroti pentingnya toleransi dalam masyarakat pluralis dan peran Pancasila sebagai falsafah hidup atas keragaman budaya di Indonesia. Khusus tahun 2022, program SHI berfokus untuk berkontribusi pada pencegahan perilaku berisiko pada pemuda dalam 3 topik, yaitu kekerasan, perundungan, dan intoleransi. Dalam hal ini nantinya peserta akan terdiri dari kalangan pemuda dari berbagai latar belakang.


 

Perwakilan FES dan PSIK mengajukan proposal kerja sama dengan bertemakan Mantap Pemberdayaan Pemuda Pasca-Pandemi. Dalam hal ini, program-program yang akan dilakukan dalam kerja sama ini akan berkaitan langsung dengan pemberdayaan pemuda khususnya kesehatan dan kesejahteraan pemuda. Hasil keluaran program berupa (1) ketokohan muda melalui karya kreator, inspirasi ketokohan dan ketokohan pemberdayaan pemuda perempuan; dan (2) keberdayaan pemuda untuk memberikan solusi pada daerah eks konflik melalui pertemuan lintas komunitas dengan hasil berupa pemetaankerentanan perilaku berisiko.


 

Asdep Pemberdayaan Pemuda Kemenko PMK, Linda Restaningrum menyampaikan bahwa program SHI akan bersinergi dengan program-program di Kemenko PMK, khususnya dalam bidang kepemudaan, seperti Webinar Nasional MENKO PMK MENYAPA : Saatnya Pemuda Bersuara yang dijadwalkan akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Rencananya kegiatan ini akan mulai disinergikan pada bulan Juli mendatang.


 

Rencananya untuk program-program SHI ini akan disinergikan dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Kemenko PMK, seperti workshop kreatif untuk pengembangan kemampuan pemuda, podcast dan webinar kepemudaan, ujar Linda dalam Rapat Koordinasi bersama FES dan PSIK, Rabu (8/6/2022).


 

Linda mengatakan, “Sinergi program ini  butuh komitmen dari semua pihak, baik internal Kemenko PMK, K/L, dan mitra pembangunan salah satunya dari FES untuk bisa bersama-sama mewujudkan rencana program serta mencapai target program.


 

Dalam rapat bersama tim FES dibahas berbagai macam hal yang akan dilakukan lebih lanjut dalam program kegiatan, seperti masalah kepesertaan, bentuk kegiatan, serta mitra kerja sama dari kementerian dan lembaga terkait. Selain itu, juga dibahas rencana jangka panjang dari program kegiatan. (Kemenko PMK/MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments