Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUKUNG KEBERLANJUTAN PROGRAM PLN PEDULI, KOMUNITAS ACIL ENDE SERAHKAN KOTAK SAMPAH BOTOL PLASTIK

 

Foto : Dokumentasi Komunitas ACIL Ende.


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung keberlanjutan Program PLN Peduli dari PT PLN UPP Nusra II, Komunitas Anak Cinta Lingkungan (ACIL) Ende melakukan penyerahan Kota Sampah Botol Plastik kepada Camat Ende Utara dan pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Kamis (23/6/2022). Kotak sampah yang merupakan hasil dari Workshop Pengolahan Sampah Plastik yang digelar pada Kamis (16/6/2022) lalu tersebut ditempatkan di 2 titik utama, yakni area kawasan Lapangan Pancasila di Jalan Soekarno dan kawasan wisata Pantai Kota Raja.  

 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komunitas ACIL Ende, Umar Hamdan berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan kotak sampah tersebut secara baik, sehingga mampu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

 

“Harapan dan himbauan kepada masyarakat Kota Ende yang sedang berwisata atau yang sedang melintasi Jalan soekarno dan masyarakat Kota Ende yang memanfaatkan Lapangan Pancasila sebagai sarana olahraga diharapkan agar tidak meninggalkan atau membuang sampah plastiknya sembarangan. Semua harus memanfaatakan tempat sampah yang telah tersedia,” ungkap Umar.



Sementara itu, kepada media ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban memberikan apresiasi kepada pihak PLN dan Komunitas ACIL Ende yang telah peduli dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya, aspek kebersihan dan kesehatan merupakan dua hal utama yang sangat mempengaruhi pariwisata suatu daerah. Untuk itu, sambungnya, program keberlanjutan yang dibuat oleh Komunitas ACIL Ende tersebut mampu meningkatkan rasa kepedulian masyarakat untuk membangun pariwisata yang berbasis lingkungan, terutama dalam penanganan dan pengolahan sampah.

 

“Terima kasih kepada pihak PLN dan Komunitas ACIL Ende. Pariwisata sangat rentan soal kebersihan dan kesehatan. Bantuan itu bukanlah hal yang baru. Kita sekarang sedang membangun pariwisata berbasis lingkungan, terutama dalam penanganan sampah, sehingga program keberlanjutan dari Komunitas ACIL Ende sangat membantu,” ujar Martinus.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban.

Selain itu, tambah Martinus, Komunitas ACIL Ende juga turut meningkatkan literasi dan edukasi bagi masyarakat dalam mengolah dan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu dengan nilai ekonomis. Hal itu, ungkapnya, mampu memberdayakan masyarakat dengan melihat sampah dari sudut pandang yang berbeda.

 

Sedangkan, di sisi senada, Camat Ende Utara, Zainudin Ismail juga memberikan apresiasi bagi pihak PLN dan Komunitas ACIL Ende yang telah memberikan bantuan berupa kotak sampah.


Camat Ende Utara, Zainudin Ismail.

Ini hal baik. Saya sudah sampaikan terima kasih kepada pihak PLN dan Komunitas ACIL Ende terkait kepedulian terhadap sampah. Sampah adalah momok, sehingga bantuan itu menjadi berkah menjadi masyarakat Harapannya, semoga jangkauan pengendalian sampah itu bisa meluas, terutama di daerah pantai sehingga sampah-sampah yang ada bisa diolah lagi untuk pengembangan ekonomi masyarakat,” pungkas Zainudin. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments