Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUKUNG GLS, SMA NEGERI KAPAN GELAR BIMTEK LITERASI

 

Foto : Suasana pembukaan Kegiatan Bimtek Literasi di SMA Negeri Kapan, Rabu (15/6/2022).


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kapan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi bagi guru dan peserta didik selama 3 hari, yakni Rabu-Jumat (15-17/6/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten TTS, Junus Taloim dan didampingi oleh Kepala SMA Negeri Kapan, Nonsi Serain, Rabu (15/6/2022), di Aula SMA Negeri Kapan.

 

Dalam sambutan pembukanya, Junus menuturkan bahwa Gerakan Literasi merupakan program pemerintah yang perlu didukung dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan. Kegiatan literasi, imbuhnya, mampu memberikan manfaat bagi setiap warga sekolah, sehingga harus diikuti secara baik dan serius.

 

“Literasi merupakan program pemerintah yang perlu didukung dan dilaksanakan dalam dunia pendidikan atau lembaga pendidikan karena dapat memberikan manfaat bagi warga sekolah,” tuturnya.

 

Sementara itu, Nonsi Serain selaku Kepala SMA Negeri Kapan mengungkapkan bahwa kegiatan literasi juga berguna untuk menggali semua potensi yang dimiliki, khususnya bagi peserta didik dalam hal membaca dan menulis.

 

“Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menggali potensi yang dimiliki berkaitan dengan dunia tulis menulis bagi siswa, seperti puisi, makalah dan lain sebagainya agar menjadi karya yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang,” tandasnya.


Para peserta didik SMA Negeri Kapan sedang mengikuti bimbingan penulisan berita.

Sementara itu, dalam wawancaranya bersama media ini di sela-sela Kegiatan Bimtek Literasi, Kamis (16/6/2022), perwakilan Tim Formator MPC NTT, Budi Kurniawan mengatakan bahwa terdapat 4 tujuan utama dari kegiatan tersebut, yakni (1) meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusi (SDM); (2) meningkatkan mutu guru-guru dan peserta didik yang ada di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT); (3) menjadi wadah aspirasi bagi guru-guru dan peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya dalam tulisan yang dapat dipublikasikan di media massa; serta (4) bisa membuat guru-guru dan peserta didik menjadi lebih produktif.

 

Untuk diketahui, Kegiatan Bimtek Literasi tersebut diikuti oleh para guru dan 54 peserta didik SMA Negeri Kapan. (Simon P. D. J. Loubata, Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kapan/MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments