Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SEBANYAK 38 SMP DI TTU IKUTI SOSIALISASI POLA HIDUP SEHAT

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menunjang pola hidup sehat, sebanyak 38 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti Refleksi Pelaksanaan Sesi Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gizi Remaja di Aula Hotel Livero, Kefamenanu, Selasa (24/5/2022). Kegiatan yang didukung oleh Save The Children tersebut dibuka secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO), Drs. Raymundus Aluman serta dihadiri oleh Distric Senior Program Officer The Better Investment for Stunting Alleviation  (BISA), Dev Taunu, para kepala sekolah, dan fasilitator.

 

Dalam sambutan pembukanya, Raymundus menegaskan bahwa stunting merupakan masalah besar yang membutuhkan perhatian lebih dan penanganan yang serius. Secara nasional, jelas Raymundus, Kabupaten TTU berada di posisi kedua dengan angka stunting tertinggi. Hal itu, ujarnya, harus menjadi tanggung jawab bersama melalui strategi komunikasi perubahan perilaku guna menekan angka stunting. Untuk itu, sambung Raymundus, diperlukan kiat-kiat khusus dengan mengatur pola makanan yang bergizi, membiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pemberian tablet tambah darah, dan rutin menjaga kesehatan.      

 

Cikal bakal menculnya stunting diakibatkan kekurangan gizi pada awal pertumbuhan fisik anak. Stunting mengancam perkembangan kognitif yang berpengarruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak serta resiko terjadinya gangguan metabolisme hingga resiko terjadinya penyakit degeneratif, seperti diabetes mellitus, hiperkolesterol dan hipertensi di usia dewasa,” tandas Raymundus didampingi pengawas Pembina Legan Yosef, S.Pd dan beberapa pengawas lainnya. 

 

Lebih lanjut, Raymundus berharap agar lembaga pendidikan yang menjadi mitra kerja Save The Children bisa berkontribusi nyata dalam upaya penanggulangan stunting di Wilayah TTU. Upaya tersebut, terangnya, juga sesuai dengan visi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten TTU, yakni “Terwujudnya Masyarakat Timor Tengah Utara  yang Sejahtera, Adil, Demokratis, dan Mandiri Melalui Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Alam”.

 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Dev Taunu mengungkapkan bahwa pertemuan bersama para kepala sekolah dan guru fasilitator tersebut adalah sebuah bentuk penyegaran kembali terhadap perkembangan dan keberlanjutan program di setiap satuan pendidikan. (Gervas Salu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments