Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LONA APDIANA SAEK NGGINAK DIKUKUHKAN SEBAGAI BUNDA LITERASI KABUPATEN ROTE NDAO

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Wilayah Kabupaten Rote Ndao sekaligus menumbuhkan budi pekerti generasi muda, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao berkomitmen untuk mengakarkan budaya literasi. Salah satu bentuk komitmen tersebut diwujudkan dengan mengukuhkan Ny. Lona Apdiana Saek Ngginak sebagai Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao. Acara pengukuhan tersebut dilaksanakan di sela-sela Acara Pembukaan Workshop Literasi tingkat SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao di halaman SMK Negeri 1 Lobalain, Rabu (25/5/2022).

 

Acara Pengukuhan Bunda Literasi tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu dengan mengalungkan selempang “Bunda Literasi” kepada Ny. Lona Apdiana Saek Ngginak serta disaksikan oleh Wakil Bupati Rote Ndao, Duta Baca Indonesia, Pimpinan Umum Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Koordinator Pengawas (Korwas) SMA, SMK dan SLB Kabupaten Rote Ndao, Forkompinda Kabupaten Rote Ndao, para pimpinan OPD Kabupaten Rote Ndao, para Kepala SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao, serta para undangan lainya.

 

Dalam amanatnya, Paulina berharap agar Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao bisa bergerak bersama dinas terkait dan berbagai komunitas atau lembaga penggerak literasi, termasuk MPC NTT untuk mengakarkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) untuk menyiapkan Kabupaten Rote Ndao sebagai salah satu Kabupaten Literasi di Provinsi NTT.

 

“Saya berharap Bunda Literasi yang kita kukuhkan hari ini dapat menjalankan tugas melalui kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya komunitas atau lembaga independen peduli literasi seperti Media Pendidikan Cakrawala NTT. Saya minta Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga, Dinas Perpustakaan dan Dinas Pariwisata untuk mendukung Bunda Literasi dalam mengakarkan budaya literasi di daerah ini. Ada banyak potensi desa, budaya dan pariwisata yang harus digarap,” ujar Paulina.



Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao, Ny. Lona Apdiana Saek Ngginak sangat mengharapkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak dalam mengakarkan budaya literasi di Wilayah Rote Ndao.

 

“Saya butuh dukungan dari semua pihak, khususnya dari Duta Baca Indonesia dan Media pendidikan Cakrawala NTT. Banyak hal yang perlu saya pelajari dari kita semua untuk mendukung dan mendorong Rote Ndao menjadi Kabupaten Literasi,” ujarnya.

 

Pantauan media, Acara Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao tersebut juga disertai dengan penyalaan “Obor Literasi” dan Acara Talkshow Pendidikan yang menghadirkan empat orang narasumber, yaitu Duta Baca Indonesia, Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao, Pimpinan Umum MPC NTT, dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Rote Ndao. Acara Talkshow Pendidikan tersebut dipandu oleh Formator MPC NTT, Beatrix Manehat dengan mengusung tema “Mengakarkan Literasi, Memberdayakan Generasi”. (Gusty/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments