Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GALA SISWA PGRI CUP 2022 KABUPATEN FLORES TIMUR

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Flores Timur menggelar Gala Siswa PGRI Cup 2022 Kabupaten Flores Timur di Wilayah PGRI Cabang Adonara Barat, Adonara Timur, dan Larantuka. Salah satu gala siswa yang terekam oleh catatan jurnalis Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT adalah pertandingan babak perdelapan besar di Stadion Gawerato Badu, Desa Wailolong, Kecamatan Ile Mandiri, Jumat (29/4/2022). Pertandingan yang terdiri atas dua laga besar tersebut melibatkan SMP Satap Nobo (Spensano) dan Spensa FC Wulanggitang pada laga pertama serta SMP Negeri 2 Larantuka (Spendu) dan SMP Titehena (Spensa) pada laga kedua.

 

Spendu Larantuka Sukses Pertahankan Kedudukan 2-0

 

Laga pertama antara Spensano dan Spensa FC Wulanggitang dimulai tepat pukul 14.30 Wita. Pada babak pertama, tepatnya di menit ke-15 dan 30, Spensa FC Wulanggitang berhasil merobek gawang milik Spensano dengan kedudukan 2-0. Ketertinggalan 2 angka tersebut membuat daya juang para pemain Spensano terus terpacu untuk menyamakan poin. Akhirnya, setelah berbagai usaha dan peluang yang dilakukan, Spensano berhasil menyematkan satu poin ke gawang Spensa FC Wulanggitang. Skor pun berakhir 2-1 hingga babak pertama selesai.  

 

Pada babak kedua, masing-masing tim berusaha menampilkan permainan yang baik dan berkualitas. Pola penyerangan, sistem pertahanan, hingga pemaksimalan peluang (finishing) di depan gawang terus diatur sedemikian rupa oleh para pemain sesuai arahan dari masing-masing pelatih. Tidak heran, pada babak kedua, performa permainan dari kedua tim semakin merangsang antusiasme penonton untuk mendukung jawaranya masing-masing. Keriuhan stadion semakin memanas ketika Spensano berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-53. Kedudukan tersebut pun tidak berubah hingga masa perpanjangan waktu. Akhirnya, keputusan adu penalty pun harus dilakukan oleh wasit pertandingan. Pasca adu penalty, Spensa FC Wulanggitang berhasil memperoleh kemenangan lewat tendangan para pemain.    

 


Selanjutnya, pada laga kedua, Spendu Larantuka dan Spensa Titehena berhasil menunjukan kebolehan dan keapikan dalam mengolah si kulit bundar dengan formasi dan pola permainan yang khas. Pada menit ke-15, melalui sontekan pojok kiri dari Virga Ritan, Spendu Larantuka berhasil memimpin jalannya pertandingan dengan skor 1-0 atas Spensa Titehena. Semangat dari masing-masing pendukung tim pun terus berkobar ketika Spensa Titehena terus melakukan serangan guna mengejar ketertinggalan. Namun, Dewi Fortuna masih berpihak pada Spendu Larantuka. Pada babak kedua, Spendu Larantuka berhasil menambah poin sehingga kedudukan 2-0 tetap bertahan hingga akhir pertandingan.     

 

Wadah Pengembangan Potensi Peserta Didik Melalui Sepak Bola

 

Ketika diwawancarai oleh media ini, Ketua Panitia Gala Siswa PGRI Cup 2022, Gabriel Djogo Hayon mengungkapkan bahwa turnamen tersebut merupakan wadah pengembangan potensi peserta didik melalui cabang olahraga sepak bola. Selain itu, tambahnya, penyelenggaraan turnamen sepak bola antar peserta didik di Wilayah Kabupaten Flores Timur tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi pihak PGRI Flores Timur dalam mengimplementasikan program kerjanya.



“Turnamen musim ini menjadi kesempatan emas dan peluang bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat dalam dunia sepak bola. Turnamen tersebut juga menjadi sebuah kehormatan bagi PGRI Flores Timur dalam program kerja PGRI. Olahraga sepak bola adalah olahraga popular di Flores Timur,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, terangnya, melalui sepak bola, semua peserta didik di Wilayah Kabupaten Flores Timur bisa menembus segala batas dan sekat yang ada.  

 

“Sepak bola seharusnya menembus batas dan sekat. Artinya, meskipun Flores Timur ini terdiri dari beberapa pulau, yakni Adonara, Solor dan Larantuka (Daratan Flores), sepak bola tetap harus dirasakan oleh semua lapisan sampai pada peserta didik. Di sini, program merdeka belajar juga harus mengedepankan skill, kejujuran, dan potensi anak didik di ajang kompetisi sepak bola seperti ini,” sambung Gabriel.



Untuk diketahui, di partai final akan terdapat penyatuan dari tiga wilayah yang mengikuti Gala Siswa PGRI Cup 2022. Sesuai rencana, peraih juara 1, 2, dan 3 dari Zona Adonara dan Larantuka serta peraih juara 1 dan 2 dari Zona Solor akan berlaga di Kabupaten Flores Timur pada 9 Mei 2022 mendatang. Tim-tim yang akan berlaga di putaran semifinal, diantaranya; SMP Sanctissima Trinitas Hokeng vs SMPN 1 Wulanggitang serta SMPN 1 Larantuka A vs SMPN 2 Larantuka. (Bastian Kopong/MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments