Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUTA BACA INDONESIA KUNJUNGI SMA NEGERI 1 ROTE BARAT DAYA

 

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong (tengah bertopi) bersama para peserta didik SMA Negeri 1 Rote Barat Daya.



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka mendukung gerakan literasi di Wilayah Rote Ndao, Duta Baca Indonesia, Gol A Gong menggelar kunjungan ke SMA Negeri 1 Rote Barat Daya di sela-sela Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Jumat (27/5/2022). Pada kesempatan tersebut, Gol A Gong turut memperkenalkan diri dan memberikan motivasi bagi para peserta didik yang tengah mengikuti bimbingan terkait ragam penulisan kreatif.

 

Dalam arahannya, Gol A Gong menuturkan bahwa kegiatan membaca dan menulis mampu menggali potensi diri dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih baik. Apapun keterbatasan yang dimiliki, ujarnya, tidak menjadi penghalang bagi setiap orang dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Untuk itu, sambung Gol A Gong, semua peserta didik yang terlibat di dalam Kegiatan Bimtek Literasi tersebut harus giat membaca dan menulis.

 

“Dulu ada sastrawan terkenal milik masyarakat Rote, seperti Gerson Poyk dan Oby Messakh. Kemudian ada juga mantan Menteri Perindustrian era Kabinet Kerja 2014-2016, Saleh Husein dan mantan Gubernur Bank Indonesia, Prof. Dr. Adrianus Mooy yang juga pernah menjadi Duta Besar Indoensia bagi Uni Eropa di bawah Sekjen Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia Psifik yang berpusat di Bangkok pada tahun 1987. Selain itu, Putra Rote-Labolain ini juga menjabat Rektor Universitas Pelita Harapan Surabaya pada tahun 2007 hingga sekarang,” sambung Gol A Gong.

 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao, Lona Apdiana Saek Ngginak mengatakan bahwa kegiatan membaca dan menulis bisa melahirkan begitu banyak orang hebat di kemudian hari. Oleh sebab itu, Lona berharap agar para peserta didik bisa terus meningkatkan intensitas membaca dan menulis guna menggali dan mengembangkan seluruh potensi diri secara baik.

 

“Jangan bosan-bosan dengan membaca karena dengan membaca kita bisa menjadi orang hebat seperti bapak Gol A Gong. Walau terbatas secara fisik, beliau sudah lebih dari kita yang normal. Oleh karena itu, sebagai Bunda Literasi, saya mengajak adik-adik untuk membaca dan dan membuat pojok baca di rumah. Tetap semangat karena adik-adik adalah penerus bangsa, penerus pemimpin di masa depan,” tandas Lona.



Mengenal Sosok Gol A Gong

 

Gol A Gong merupakan sosok yang sederhana dan luar biasa. Pria yang telah mengelilingi hampir 20 negara tersebut telah menulis banyak judul buku. Pemilik nama asli Hery Hendrayana Harris tersebut mendapatkan kepercayaan untuk menjabat peran sebagai Duta Baca Indonesia Periode 2021-2026. Selain sebagai Duta Baca Indonesia, beliau juga menitih karir sebagai penyusun naskah skenario di Sinema Elektronik (Sinetron) pada beberapa Stasiun Televisi (TV).

 

Beliau pernah bercerita bahwa pada usia 11 tahun, dirinya mengalami sebuah insiden jatuh dari pohon yang mengakibatkan tangan kirinya harus diamputasi. Namun, hal itu bukanlah akhir dari segalanya. Berkat dorongan dan motivasi dari orang-orang terdekatnya, ia tetap berjuang dan menggali seluruh potensi dirinya hingga menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Pada tahun 1987, dirinya terpilih untuk mewakili Indonesia pada ajang Asean Para Games. Dengan usaha yang keras, ia berhasil membawa pulang medali emas dan bonus. Titik baliknya adalah saat dirinya bisa mengenyam bangku perkuliahan di Unpar Bandung dan mendirikan Komunitas Literasi Rumah Dunia di Serang, Banten. (Novri Pandie, Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1Rote Barat Daya/MDj/red).


Post a Comment

0 Comments