Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUKUNG GLS, MPC NTT HADIRKAN DUTA BACA INDONESIA DI ROTE NDAO

 

Duta Baca Indonesia, Gol A Gol (kedua dari kanan) bersama Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno (kedua dari kiri) dan Ketua Divisi Formasi MPC NTT, Marsel Robot (kiri).



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan sebagai komitmen dalam menerobos jalan sunyi literasi melalui workshop literasi, pihak Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT menghadirkan Gol A Gong selaku Duta Baca Indonesia (DBI) Periode 2021-2025 di Kabupaten Rote Ndao. Menurut Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno, menerobos jalan sunyi literasi di NTT membutuhkan energi yang besar.

 

Ia mengatakan bahwa terdapat sebuah budaya tutur yang mendaging sehingga selalu melemahkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat. Menghadirkan Duta Baca Indonesia, ujarnya, adalah salah satu cara untuk memberikan motivasi agar para guru dan peserta didik bisa memiliki kebiasaan membaca sekaligus keterampilan menulis. Hal tersebut disampaikan Gusty di sela-sela persiapan acara pembukaan Kegiatan Workshop Literasi untuk para guru dan peserta didik tingkat SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao di halaman SMK Negeri 1 Lobalain, Senin (23 Mei 2022).

 

“Sebagai media pendidikan yang fokus benar di jalan literasi, kami melihat nafas sinergisitas dan kolaborasi menjadi kunci utama agar budaya literasi bertumbuh subur di tengah masyarakat. Para guru dan peserta didik adalah penggerak utamanya. Kebiasaan membaca dan keterampilan menulis sebagai modal literasi dasar harus dihidupi dan dimiliki. Kita hadirkan Mas Gol A Gong karena menurut saya beliau adalah contoh nyata dari seorang yang bisa ‘sehat’ dan hebat dari kebiasaan membaca dan menulis,” ujar Gusty yang juga merupakan alumni dari STFK Ledalero.

 

Lebih lanjut, penulis buku “Jangan Menghina Guruku lagi” itu berharap agar para guru dan peserta didik yang menjaga tapal batas paling selatan di Wilayah NKRI tersebut harus bisa menjaga kedalautan negara dengan cara berpikir besar. Menurutnya, terdapat begitu banyak potensi alam, pariwisata, budaya dan adat istiadat yang harus dilestarikan, dipromosikan, dan diabadikan dengan satu cara, yakni menulis.


Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno.


“Alat Musik Sasando yang mendunia itu berasal dari daerah ini. Tetapi adakah yang tahu bagaimana etos kerja dan spirit hidup orang Rote bisa dilihat dari Sasando ini? Adakah yang sudah menulis soal itu? Nah, kita hadirkan Mas Gol A Gong untuk maksud yang demikian. Potensi alam, pariwisata, budaya dan adat istiadat kita ditulis dalam ragam bentuk agar dikenal oleh generasi yang akan datang. Saatnya kita mencintai Indonesia dan menjaga kedalautannya dengan cara yang lebih kreatif,” ujar Gusty

 

Sementara itu, Duta Baca Indonesia, Gol A Gong menyatakan rasa kagum dan bangganya atas komitmen dan kesetiaan pihak MPC NTT dalam menerobos jalan sunyi literasi melalui sebuah cara yang luar biasa. Membangun sinergisitas dan kolaborasi dengan semua pihak, sambungnya, adalah upaya terbaik untuk mengakarkan budaya literasi di Provinsi NTT.



“Saya memiliki komunitas literasi namanya ‘Rumah Dunia’. Kami telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan pihak Media Pendidikan Cakrawala NTT untuk bergerak bersama menerobos jalan sunyi literasi di daerah ini. Saya bangga sekali karena bisa dihadirkan di Rote, kabupaten paling selatan NKRI. Semoga kita bisa saling berbagi dan menimba manfaat dari pertemuan luar biasa ini,” ujar Gol A Gong yang juga merupakan penulis buku “Balada Si Roy”.

 

Untuk diketahui, pihak MPC NTT bekerja sama dengan pihak MKKS SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten  Rote Ndao akan menggelar Kegiatan Workshop Literasi dalam bentuk pendampingan menulis karya ilmiah untuk para guru dan peserta didik. Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 26 Mei 2022 sampai dengan 4 Juni 2022 di sembilan titik kegiatan dengan melibatkan kurang lebih 950 orang guru dan 450 orang perwakilan peserta didik tingkat SMA/SMK dan SLB. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments