Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BRIPKA SUMANTRI, PENGGIAT LITERASI KELILING DARI POLSEK LOBALAIN, ROTE NDAO

 

Foto : Dokumentasi Pribadi (Bripka Sumantri).



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Sore itu, Rabu (25/5/2022), suasana pembukaan Kegiatan Literasi bersama Duta Baca Indonesia dan Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tampak meriah di halaman SMK Negeri 1 Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Semua hadirin tampak berantusias dalam menyalakan “Obor Literasi” sebagai simbol pergerakan dan peningkatan budaya literasi di Wilayah Rote Ndao.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE didampingi Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, SE.,M.Si juga melakukan visitasi ke beberapa stand khusus literasi yang disediakan oleh pihak panitia. Semua mata pun tertuju pada sebuah stand sederhana yang dijaga oleh seorang anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

 

Sosok tersebut tampak sedang merapikan beberapa buku dan bahan bacaan yang tertata rapi di atas motor dinasnya. Dia adalah Bripka Sumantri, seorang anggota Polri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Lobalain, Rote Ndao. Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara tersebut merupakan seorang penggiat literasi keliling di wilayah kerjanya sejak tahun 2015. Bemodalkan motor dinas, dirinya berani menyusuri beberapa desa untuk mengayomi masyarakat sekaligus membagikan buku dan bahan bacaan kepada anak-anak secara gratis.  



Dalam wawancaranya bersama media ini, Bripka Sumantri menuturkan bahwa literasi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi kepada semua kalangan tanpa terkecuali. Baginya, tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga harus didukung oleh usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu, sambungnya, sangat berguna bagi pengembangan budaya literasi di tengah masyarakat, terutama dalam hal membaca dan menulis.   

 

“Di sini banyak kekurangan, tetapi saya sebagai petugas keamanan memiliki tugas dan niat untuk membantu anak-anak dalam membaca dan menulis,” ujarnya.

 

Ia mengaku bahwa tugas yang diembannya adalah kewajibannya sebagai seorang Bhabinkamtibnas. Untuk itu, jelas Bripka Sumantri, pimpinannya turut mendukung tugas dan usaha yang dilakukannya dalam menyebarkan semangat membaca dan menulis di tengah masyarakat.  

 

“Saya orang Medan tetapi memiliki panggilan hati untuk mencerdaskan anak bangsa serta ingin menyebarkan literasi di Tanah Rote ini. Kegiatan ini sangat mulia dan banyak masyarakat yang mendukung, termasuk pimpinan saya dalam hal ini Kapolsek Loloabain,” imbuhnya.



Untuk itu, Bripka Sumantri sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam mengembangkan dan meningkatkan budaya literasi di Wilayah Rote Ndao. Hal itu, ungkapnya, bisa dilakukan dengan menyumbangkan buku atau bahan bacaan yang layak dan berkualitas kepada masyarakat. Selain itu, sambungnya, akses dan bantuan sarana pendukung terhadap bahan bacaan juga sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan budaya literasi di tengah masyarakat.

 

“Harapan saya semoga banyak pihak membantu sarana pendukung dalam hal ini buku dan majalah atau buku bacaan, dan buku insipirasi lainnya,” pungkasnya. (Felix Natu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments