Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

3 SMA DI TTS GELAR BIMTEK LITERASI

Foto : Dokumentasi Kegiatan.


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kualitas dan kompetensi guru beserta peserta didik, 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), yakni SMA Negeri 1 Amanuban Selatan, SMA Negeri Kiubaat, dan SMA Negeri Nobebeba menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (12-14/5/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut berlangsung secara tatap dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di Aula SMA Negeri 1 Amanuban Selatan.

 

Dalam arahan pembukanya, Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten TTS, Junus Taloim, S.Pd.,MM menuturkan bahwa Kegiatan Bimtek Literasi memiliki perbedaan dengan pola pelatihan lainnya, sebab di dalamnya, para peserta akan dibimbing, diarahkan, dan dilatih secara langsung oleh para narasumber hingga mampu menghasilkan produk tulisan yang berkualitas.

 

“Saya minta agar para peserta dapat memikirkan apa yang akan ditulis dan menulis apa yang dipikirkan. Saya juga mengharapkan agar para peserta dari ketiga sekolah ini bisa serius dalam mengikuti Kegiatan Bimtek Literasi ini,” sambung Junus.



Sementara itu, Perwakilan Tim Formator MPC NTT, Budi Kurniawan menyampaikan limpah terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyambut dan mendukung penyelenggaraan Kegiatan Bimtek Literasi tersebut. Dirinya berharap agar dengan hadirnya Tim MPC NTT, semua peserta bisa terus meningkatkan budaya literasi secara baik dan berkelanjutan.

 

“Terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang begitu luar biasa. Literasi bukan hal yang baru namun ada yang melupakan literasi karena ada yang bisa banyak bicara tetapi tidak bisa menulis. Oleh karena itu, MPC NTT hadir untuk membimbing guru dalam menulis untuk menghasilkan karya yang bisa bermanfaat dan manfaatnya bagi peserta didik sebagai bekal melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi,” ujar Budi.

 

Sedangkan, dalam Laporan Kepanitiaan, Kepala SMA Negeri 1 Amanuban Selatan, Maria Oematan, S.Pd.,M.Pd mengatakan bahwa literasi bukan hanya tentang kegiatan membaca dan menulis, tetapi juga menyangkut keterampilan, sebab baginya, kebiasaan berliterasi juga dapat mempengaruhi keberhasilan di kemudian hari.



Pantauan media, Kegiatan Bimtek Literasi tersebut turut dimeriahkan oleh tarian kolaborasi dari SMA Negeri 1 Amanuban Selatan dan pidato literasi yang dibawakan oleh Adriani Nuban. Adapun materi yang dibawakan dalam Kegiatan Bimtek Literasi adalah berupa Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi para guru, serta Ragam Penulisan Kreatif bagi para peserta didik. Selain itu, turut hadir jajaran Tim Formator MPC NTT, Felix Natu dan Albert Baunsele. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments