Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TINGKATKAN KUALITAS GURU DAN PESERTA DIDIK, 3 SMA DI SABU TIMUR GELAR BIMTEK LITERASI

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.


Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kualitas guru dan peserta didik serta mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS), 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Wilayah Sabu Timur, yakni SMA Negeri 1 Sabu Timur, SMA Negeri 1 Sabu Tengah, dan SMA Negeri 1 Sabu Liae menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (25-27/4/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut berlangsung secara tatap muka dan dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Sabu Raijua, Drs.Maxwell E. T. Nawa Gah.

 

Dalam sambutannya, Maxwell menuturkan bahwa Kegiatan Bimtek Literasi tersebut secara tidak langsung berusaha mendorong dan meningkatkan indeks kualitas pendidikan di Kabupaten Sabu Raijua secara khusus dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara umum. Untuk itu, tegas Maxwell, dirinya sangat mengapresiasi Kegiatan Bimtek Literasi yang digelar tersebut.

 

Kegiatan ini perlu diikuti secara baik oleh para guru dan peserta didik karena sesuai regulasi saat ini dan perkembangan teknologi yang begitu canggih, kita dituntut untuk bisa menulis buku terutama saat ini ada yang namanya Kurikulum Merdeka Belajar. Untuk siswa, tidak hanya ujian, tetapi harus mampu menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) saat mau tamat, ujarnya.



Lebih lanjut, terang Maxwell, Kegiatan Bimtek Literasi tersebut juga berguna untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas para guru serta peserta didik dalam hal menulis.

 

“Melalui momen pelatihan ini, kita saling belajar untuk meningkatkan kompetensi lewat pelatihan bersama ini,” ungkap Maxwell.

 

Sementara itu, perwakilan Tim Formator MPC NTT, Silvester Wanggur, S.Pd mengungkapkan bahwa momen ini merupakan bagian dari pergerakan dan giat MPC NTT dalam mengakarkan budaya literasi di lingkungan pendidikan. Maka dari itu, harapnya, semua peserta yang berpartisipasi dalam Kegiatan Bimtek Literasi tersebut, baik guru maupun peserta didik harus bisa menjadikan momen tersebut sebagai wadah pembelajaran bersama.  



Sedangkan, secara terpisah, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Sabu Timur, Nona Nia yang ditemui oleh media ini di sela-sela kegiatan menuturkan, “Kegiatan tersebut dapat menggali potensi yang dimiliki peserta didik karena sebenarnya kami memiliki potensi hanya belum dimaksimalkan selama ini. Selain itu, kami juga merasa kegiatan ini sangat bermanfaat karena memacu kami untuk bisa menulis dan menemukan potensi yang selama ini belum digali.”

 

Pantauan media, turut hadir dalam Kegiatan Bimtek Literasi tersebut, Kepala SMA Negeri  1 Sabu Tengah, Dintje A. Djede Bire, S.Pd dan Kepala SMA Negeri 1 Sabu Liae, Max Alexander Raga Lawa S.Pd, serta jajaran Tim Formator MPC NTT, Felix Natu. Untuk diketahui, kegiatan tersebut melibatkan 55 peserta didik dan 42 guru dari 3 sekolah tersebut. (Felix/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments