Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 3 KOMODO PERINGATI HARI KARTINI

 

Kegiatan peringatan Hari Kartini di SMK Negeri 3 Komodo, Kamis (21/4/2022).



Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Komodo memperingati Hari Kartini bersama seluruh warga sekolah, Kamis (21/4/2022). Peringatan tersebut diawali dengan prosesi mengheningkan cipta sembari mendengarkan riwayat hidup R. A. Kartini. Hal itu bertujuan untuk memberikan penghormatan terhadap jasa para pahlawan dan pejuang emansipasi wanita, seperti R. A. Kartini. Setelah itu, semua warga sekolah diarahkan untuk menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini” dan “Mars Restorasi”. Kedua lagu tersebut menjadi jiwa sekaligus dorongan untuk memajukan dunia pendidikan.    

 

Pada sesi selanjutnya, seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan diarahkan untuk menonton dan menyimak cuplikan film “Ibu Kartini” yang berdurasi 1 jam 55 menit melalui layar lebar. Semua hadirin tampak begitu menikmati alur film tersebut, sehingga pemandu acara memberikan kuis di akhir waktu tontonan tersebut.



Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah seputar (1) siapa itu R. A. Kartini?; (2) apa cita-cita R. A. Kartini?; (3) bagaimana R. A. Kartini mengawali perjuangannya?; (4) apa judul buku yang ditulis oleh R. A. Kartini dan makna yang terkandung di dalamnya?; (5) bagaimana cara untuk meneruskan perjuangan R. A. Kartini?. Semua pertanyaan dan jawaban yang diberikan bermuara pada pernyataan yang dilontarkan oleh salah seorang peserta didik, yakni “Kartini adalah kita dan kitalah (generasi muda) Kartini muda.”



Peringatan tersebut disertai dengan 2 kegiatan sekaligus menjadi wadah pengembangan potensi peserta didik, yakni pembacaan puisi dan peragaan busana. Pembacaan puisi dilakukan oleh 2 orang peserta didik, sedangkan peragaan busana oleh sepasang (laki-laki dan perempuan) peserta didik dari masing-masing kelas. Setelah itu, semua warga sekolah yang hadir melakukan sesi foto bersama sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini di SMK Negeri 3 Komodo tersebut. (PR SMK Negeri 3 Komodo/MDj/red)  


Post a Comment

0 Comments