Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 1 ILE APE GELAR USBN

Suasana USBN di SMA Negeri 1 Ile Ape.



Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ile Ape menggelar Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) secara offline selama 5 hari, yakni Senin-Sabtu (19-23/4/2022). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Ile Ape, Thobias Telaman, S.Pd ketika ditemui oleh media ini di ruang kerjanya, Rabu (20/4/2022). Pelaksanaan USBN tersebut, ujarnya, sesuai dengan aturan tata tertib Ujian Nasional, sehingga para peserta didik mampu meningkatkan kompetensi serta karakter secara seimbang.  

 

“Pada tahun (2022) ini SMA Negeri 1 Ile Ape melakukan Ujian Sekolah Berbasis Nasional dan semuanya berjalan aman serta tetap mematuhi aturan tata tertib Ujian Nasional. Kendati ujian ini betul-betul menentukan kompetensi siswa-siswi kelas XII sehingga ujian ini harus memberikan sikap jujur dan nilai karakter saat anak-anak mengerjakan soal-soal ujian dari setiap mata pelajaran umum dan juga mata pelajaran jurusan,” ungkap Thobias.

 

Terkait pelaksanaan teknis ujian, Thobias menjelaskan bahwa pihaknya harus menerapkan USBN secara offline karena ketersediaan fasilitas penunjang yang terbatas. Untuk itu, imbuhnya, pihak sekolah menyiapkan soal ujian sebanyak 40-50 nomor pilihan ganda dalam USBN tersebut. Semua persiapan dalam USBN, sambungnya, menjadi tanggung jawab bidang kurikulum.    


Kepala SMA Negeri 1 Ile Ape, Thobias Telaman, S.Pd. 


 

“Berdasarkan aturan saat ini, ujian harus berbasis IT namun ada berbagai keterbatasan teknis dan koneksi internet. Adapun kendala yang harus dipahami bersama bahwa sebagian anak-anak tidak memiliki hand phone android dan fasilitas komputer sangat terbatas,” ujarnya.

 

 

Pantauan media, para peserta didik yang menjadi peserta USBN di SMA Negeri 1 Ile Ape tersebut berjumlah 79 orang dan terbagi ke dalam 3 jurusan, yakni Bahasa (14 orang), Matematika dan IPA (33 orang), serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (32 orang). Proses ujian diawasi oleh 2 orang guru pengawas pada masing-masing ruang kelas. Sedangkan, keamanan dan kenyamanan selama keberlangsungan ujian menjadi tanggung jawab para anggota Pramuka SMA Negeri 1 Ile Ape




Untuk diketahui, SMA Negeri 1 Ile Ape bernaung di bawah visi, “Cerdas, Berkarakter, dan Berwawasan Global Berdasarkan Imtaq Berbudaya” serta memiliki 31 orang guru dan tenaga kependidikan. Sementara itu, pada tahun ini terdapat 7 orang peserta didik SMA Negeri 1 Ile Ape yang dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Nusa Cendana (6 orang) dan Universitas Negeri Makassar (1 orang). (Rofinus R. Roning/MDj/red)

Post a Comment

0 Comments