Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SAMBUT HARI BUMI, HMPG STKIP SINAR PANCASILA BETUN BERSIHKAN SAMPAH DI PANTAI MOTADIKIN

Himpunan Mahasiswa/i Pendidikan Geografi (HMPG) STKIP Sinar Pancasila Betun saat melakukan kegiatan pembersihan sampah di Pantai Motadikin, Sabtu (9/4/2022).


 

Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menyambut Hari Bumi 22 April 2022 mendatang, Himpunan Mahasiswa/i Pendidikan Geografi (HMPG) STKIP Sinar Pancasila Betun melakukan kegiatan pembersihan sampah di Pantai Motadikin, Sabtu (9/4/2022). Kegiatan yang mengusung tema “Geografi Peduli Lingkungan Melalui Outdoor Study Berbasis Spasial” tersebut diikuti oleh 40 orang mahasiswa/i. Selain melakukan pembersihan, para mahasiswa/i juga memasang slogan di beberapa titik untuk mengajak masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan.

 

Ketua STKIP Sinar Pancasila Betun, Yanuarius Bria Seran, M.Pd turut memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan pembersihan Pantai Motadikin oleh kelompok mahasiswa/i Program Studi (Prodi) Geografi tersebut. Menurutnya, upaya untuk menjaga bumi tidak perlu dilakukan dengan tindakan yang besar, tetapi cukup dengan hal-hal kecil yang dapat memberikan pengaruh dan perubahan yang besar. Hal itu, imbuhnya, mampu memberikan kenyamanan dan keasrian lingkungan secara terus menerus.

 

Sementara itu, Ketua Prodi Geografi STKIP Sinar Pancasila Betun, Wolfgang Asindo Seran, M.Pd menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan momen yang tepat untuk mengingatkan masyarakat, terkhususnya di Kabupaten Malaka untuk terus menjaga bumi dari kerusakan akibat pemanasan global, penumpukan sampah, hingga menurunnya kualitas udara. Untuk itu, tegasnya, kegiatan pembersihan Pantai Motadikin tersebut harus mampu mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan secara asri dan sehat.

 

“Masyarakat semua harus menjaga Bumi ini dengan beberapa cara, yakni cabut semua steker saluran listrik yang sudah tidak digunakan untuk menghemat pengeluaran, mengurangi polusi, serta mengurangi resiko arus pendek. Selain itu, masyarakat harus menanam minimal satu tumbuhan untuk mengurangi polusi udara, melakukan daur ulang untuk barang-barang tak terpakai, membawa kantung belanja sendiri, serta menghindari plastik sekali pakai mulai hari ini,” sambung Wolfgang.

 

Di sisi senada, Ketua HMPG STKIP Sinar Pancasila Betun, Novrianus Mau juga mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Malaka untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

 

Untuk diketahui, Pantai Motadikin adalah salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Malaka yang ramai dikunjungi oleh banyak kalangan. Tujuan pembersihan sampah di Pantai Motadikin tersebut juga menjadi aksi nyata untuk tidak membuang sampah organik maupun anorganik di lingkungan tempat wisata atau ruang publik secara sembarangan. (Heribertus/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments