Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SAMBUT HARDIKNAS TAHUN 2022, SMA SE-KECAMATAN PACAR, BOLENG, DAN MACANG PACAR GELAR ANEKA LOMBA

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Pacar, Boleng, dan Macang Pacar (Rayon 5) menggelar aneka lomba selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (21-23/4/2022). Kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 2 Macang Pacar selaku tuan rumah tersebut turut dihadiri oleh beberapa peserta didik dari 7 sekolah, yakni SMA Negeri 1 Boleng, SMKN 1 Boleng, SMKN 1 Macang Pacar, SMA Negeri 1 Macang Pacar, SMA Negeri 3 Macang Pacar, SMAK St. Markus Pateng, SMA Negeri 2 Pacar dan SMA Negeri 2 Macang Pacar.

 

Dalam arahannya, Koordinator Rayon 5, Yufentus Panok, S.Pd.,Gr mengatakan bahwa antusiasme peserta dalam kegiatan lomba menyambut Hardiknas Tahun 2022 terbilang tinggi. Penyelenggaraan lomba tersebut, ujarnya, bertujuan untuk menjalin persaudaraan antar lembaga pendidikan sekaligus mengembangkan potensi peserta didik sejak dini.

 

“Lomba-lomba ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri peserta didik sejak dini. Dalam mengikuti beberapa lomba, setiap peserta didik yang ikut ambil bagian dalam kompetisi ini adalah siswa terbaik yang diutus dari ratusan peserta didik di sekolah masing-masing. Untuk itu, peserta didik harus mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh,” tegas Yufentus.



Sementara itu, kepada media ini, Camat Pacar, Ferdinandus S. Pelong, SE yang sempat hadir dalam momen tersebut memberikan apresiasi bagi terselenggaranya lomba menyambut Hardiknas Tahun 2022. Dirinya pun menyampaikan agar semua peserta yang berpartisipasi wajib menjunjung tinggi sportivitas dalam kelompok masing-masing.

 

“Junjung tinggi sportivitas dari setiap tim demi menyukseskan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang kita sambut pada 2 Mei mendatang. Tunjukkan permainan yang bagus dan menarik,” ujarnya saat membuka Liga Pelajar dan pertandingan perdana secara resmi, Kamis (21/4/2022).



Lebih lanjut, Danramil Kecamatan Pacar dan Macang Pacar, Simon Halek turut menegaskan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib dibuat. Kegiatan lomba ini harus menunjukkan sportivitas dari setiap tim demi menyukseskan program sekolah juga menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022. Harus tingkatkan permainan yang bagus dan menjaga kekeluargaan dalam bertanding.”

 

Di sisi senada, Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA Negeri 2 Macang Pacar, Oktavianus Durhaman, S.Pd juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba tersebut.

 

“Selamat bagi yang menang kompetisi hari ini dan bagi yang belum berhasil mendapatkan juara jangan berkecil hati. Hidup adalah proses, terkadang kita harus gagal terlebih dahulu dan gagal menjadi alasan untuk kita bangkit,” ungkapnya.

 


Untuk diketahui, penyelenggaraan lomba menyambut Hardiknas Tahun 2022 tersebut merupakan kesepakatan bersama kepala sekolah, guru, dan para pembina yang disetujui dalam rapat bersama, Rabu (6/4/2022) lalu. Kegiatan yang dikoordinir oleh SMA Negeri 2 Macang selaku Panitia Pelaksana Kegiatan tersebut terdiri dari beberapa mata lomba, yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, dan Sepakbola serta diikuti oleh para peserta didik yang terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Para kontingen lomba pun turut disambut dengan prosesi adat berupa “Tuak Kapu” yang dilakukan oleh para tokoh adat Kampung Puing, Desa Waka Kecamatan Pacar, Rabu (20/4/22) pukul 20.00 WITA. (Hiro Deo/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments