Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SAMBUT HARDIKNAS, SMKS SWAKARSA RUTENG GELAR TALKSHOW PENDIDIKAN DAN BEDAH BUKU

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Swakarsa Ruteng menggelar Kegiatan Talkshow Pendidikan dan Bedah Buku “Setapak Literasi” Karya Guru SMKS Swakarsa Ruteng, Jumat (29/4/2022). Kegiatan tersebut turut menghadirkan para pembicara dan pembedah buku, diantaranya; Bunda Literasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Julie Sutrisno Laiskodat; Duta Baca Indonesia Periode 2021-2025, Gol A Gong; Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaiful Bahri Lubis,; Bupati Manggarai, Heribertus Nabit; Direktur Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Gusty Rikarno; serta Dosen dan Penulis,  Martony Tapung.

 

Melalui sambungan aplikasi zoom meeting, Duta Baca Indonesia Periode 2021-2025, Gol A Gong memberikan apresiasi bagi terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan talkshow pendidikan dan bedah buku itu sangat penting untuk menumbuhkan semangat membaca dan menulis di kalangan guru dan peserta didik.

     

“Minat baca masyarakat sangat tinggi namun tidak didukung oleh jumlah buku yang berkualitas. Saat ini, satu buku ditunggu oleh 90 orang. Kita berharap, ke depan semakin banyak masyarakat yang giat menulis khususnya di kalangan guru, sehingga persoalan kekurangan buku tersebut kita bisa atasi,” tutur penulis buku ‘Balada Si Roy’ ini.

 

Sementara itu, Bunda Literasi Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat memberikan “dua jempol” untuk SMKS Swakarsa Ruteng yang telah memaknai Hardiknas tahun ini secara kreatif, elegan dan profesional.

 

“Saya memberikan dua jempol sebagai rasa bangga saya untuk lembaga SMKS Swakarsa Ruteng khususnya para guru penulis yang hebat. Buku ‘setapak literasi’ adalah bentuk nyata kegiatan literasi sekolah. Kiranya buku ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir. Kiranya ke depan semakin banyak guru atau peserta didik, baik secara mandiri atau bersama-sama menerbitkan buku yang berkualitas,” tandas Ketua Dekranasda NTT ini.



 

Lebih lanjut, Anggota DPR RI tersebut turut memberikan apresiasi kepada pihak MPC NTT yang tidak pernah lelah dalam mendampingi para guru dan anak-anak di Provinsi NTT untuk menulis. Buku “Setapak Literasi”, sambungnya, adalah satu dari 63 buku yang telah diterbitkan oleh MPC NTT sebagai buah pikiran para guru dan anak-anak NTT.

 

“Terima kasih MPC NTT yang terus bergerak dan tidak pernah lelah mendampingi para guru dan peserta didik dalam menulis. Luar biasa. Semoga tetap semangat untuk mengakarkan budaya literasi di NTT,” ujar Julie.

 

Pantauan media, Kegiatan Talkshow Pendidikan dan Bedah Buku “Setapak Literasi” tersebut diawali dengan acara penyambutan kepada para narasumber secara meriah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh civitas akademika SMKS Swakarsa Ruteng serta para guru dan peserta didik dari berbagai SMA/SMK dalam wilayah Kota Ruteng. (Gusty/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments