Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PEMDES DANIBAO GELAR RAPAT PERENCANAAN PENDIRIAN SMK

Pose bersama usai rapat koordinasi dan pembentukan panitia pendirian SMK di Desa Danibao, Senin (11/4/22)


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Danibao, Kecamatan Adonara Barat menggelar Rapat Perencanaan dan Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Wilayah Desa Danibao, Senin (11/4/2022). Rapat yang juga mewadahi pembentukan Panitia Pendirian SMK tersebut berlangsung di Kantor Desa Danibao dan turut dihadiri oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Flores Timur, Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur dan Cabang Adonara Barat, Pemerintah Kecamatan Adonara Barat, para kepala SMP se-Kecamatan Adonara Barat, anggota BPD Danibao, Lembaga Adat Desa (LAD), serta Tokoh Masyarakat Desa Danibao.

 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Danibao, Yustinus Kopong Raya mengungkapkan bahwa rencana pendirian SMK di Wilayah Desa Danibao merupakan aspirasi dari masyarakat Kecamatan Adonara Barat. Selain itu, terangnya, Wilayah Kecamatan Adonara Barat memiliki potensi alam yang sangat mendukung untuk mendirikan lembaga pendidikan vokasi di bidang pertanian. Yustinus juga mengatakan bahwa lahan pendirian SMK tersebut telah dipersiapkan seluas ± 1.5 Ha dan telah bersertifikat secara resmi.

 

Pemerintah Desa Danibao sebagai inisiator dalam pembentukan lembaga pendidikan tersebut untuk mewadahi kebutuhan akan lembaga pendidikan tersebut. Berangkat dari rasa keprihatian dimana banyak peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang putus sekolah serta banyaknya peserta didik yang hendak melanjutkan Pendidikan Sekolah Menegah (SMA)  terpaksa harus menempuh jarak yang cukup jauh dan bersekolah di luar Kecamatan Adonara Barat,” sambung Yustinus.

 


Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Adonara Barat, Agustinus Duli, S.Pd memberikan apresiasi positif atas inisiatif Pemdes Danibao yang telah berupaya untuk memajukan dunia pendidikan di wilayah tersebut. Pihaknya, imbuh Agustinus, telah melakukan koordinasi dengan Pemdes Danibao untuk melakukan peninjauan lokasi pendirian SMK yang telah direncanakan. Untuk itu, dirinya berharap agar semua pihak bisa saling berkolaborasi dan mendukung maksud tersebut.  

 

Di sisi lain, Korwas SMA/SMK dan SLB Kabupaten Flores Timur, Drs. Agustinus D. Kumanireng juga turut memberikan apresiasi kepada Pemdes Danibao dan semua pihak yang telah berinisiatif untuk merencanakan pendirian SMK tersebut. Hal itu senada dengan pendapat Marselinus Paun selaku perwakilan Camat Adonara Barat. Menurut Marselinus, pihak Pemerintah Kecamatan Adonara Barat selalu mendukung rencana baik tersebut guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Wilayah Kecamatan Adonara Barat.


Penandatanganan Berita Acara Pembentukan Panitia SMK oleh Korwas SMA/SMK dan SLB Kab. Flotim, Drs. Agustinus D. Kumanireng di Kantor Desa Danibao, Senin (11/4/22).

Untuk diketahui, di dalam rapat tersebut, terdapat beberapa keputusan yang diambil, yakni pembentukan panitia pembangunan sekolah, penandatanganan berita acara pembentukan panitia pembangunan, dan Surat Keputusan (SK) Kepanitiaan. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh 9 Kepala Desa (Kades), yakni Kades Waiwadan, Kades Hurung, Kades Bugalima, Kades Riangpadu, Kades Ilepati, Kades Nimun Danibao, Kades Bukit Seburi I, Kades Bukit Seburi II, dan Kades Watubaya. Selain itu, turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala SMPN Lembah Seburi, Kepala SMPN Satap Lamawolo, dan Kepala SMPN Bugalima. (Bastian Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments