Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KOMUNITAS ACIL ENDE IKUTI PAMERAN “ONE DAY ONE PRISON’S PRODUCT” DI LAPAS KELAS II B ENDE.

 

Suasana Pameran “One Day One Prison’s Product” di Lapas Kelas II B Ende.



Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 yang jatuh pada 27 April 2022 mendatang, Komunitas Anak Cinta Lingkungan (ACIL) Ende mengikuti Pameran “One Day One Prison’s Product” di halaman Kantor Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II B Ende. Kegiatan rutin tahunan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi Warga Binaan Lapas Kelas II B Ende dengan memamerkan berbagai hasil karya, seperti lukisan, dulang, kotak tisu, gelang, cincin, miniatur rumah ibadah, serta aneka hasil pertanian. Dalam kesempatan tersebut, Komunitas ACIL Ende juga berkesempatan untuk memamerkan produk unggulannya, yakni “Kompor Biomassa”.    

 

Kepada media ini, Rabu (20/4/2022), Ketua Komunitas ACIL Ende, Umar Hamdan menyampaikan apresiasi bagi semua hasil karya yang dihasilkan oleh Warga Binaan Lapas Kelas II B Ende tersebut. Menurutnya, semua inovasi yang dihasilkan oleh warha binaan harus didukung dan diapresiasi sebagai bagian dari proses pembinaan. Hal itu, imbuhnya, akan menjadi lebih bermanfaat ketika mereka sudah kembali ke tengah masyarakat.

 

“Dengan diadakannya pameran produk-produk hasil karya warga binaan, kita telah memberikan sebuah penghargaan terbesar buat saudara-saudara kita yang sementara dalam proses binaan di Lapas Kelas II B Ende. Ini menjadi sebuah penghargaan ketika mereka kembali ke tengah masyarakat dan membawa berbagai inovasi yang bermanfaat,” ungkapnya.


Kepala Lapas Kelas II B Ende, Antonius Jawa Gili (kiri) bersama Ketua Komunitas ACIL Ende, Umar Hamdan (kanan).


“Komunitas ACIL Ende mengikuti acara pameran ini untuk memperkenalkan juga mengedukasi kepada masyarakat Kabupaten Ende terkait produk unggulan yakni ‘Kompor Biomassa’ yang dimana produk ini memanfaatkan kembali sampah biomassa untuk energi pengganti minyak tanah,” sambung Umar.

 

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Ende, Antonius Jawa Gili kembali menjelaskan bahwa kegiatan pameran tersebut bertujuan untuk menyambut Hari Bhakti Pemsyarakatan ke-58. Di dalam pameran tersebut, terangnya, terdapat berbagai hasil karya dan inovasi dari para warga binaan yang dipajang dan dipasarkan kepada masyarakat. Untuk itu, Antonius mengajak seluruh masyarakat di Wilayah Kabupaten Ende untuk mengunjungi dan melihat hasil karya yang ada di dalam pameran tersebut.  



Untuk diketahui, Komunitas ACIL Ende bersama Startup Company Comestoarra.com telah melakukan kerja sama dengan Lapas Kelas II B Ende melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman Tertanggal 19 Februari 2022 Terkait Pendampingan Warga Binaan untuk Pembuatan dan Pengembangan Kompor Biomassa serta Bank Sampah. Ke depannya, pihak-pihak terkait juga akan mengembangkan lagi produk pellet dari sampah biomassa, yakni bahan bakar dari Kompor Biomassa itu sendiri. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments