Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GUBERNUR VBL : BUDAYA LITERASI HARUS DIWARISKAN PADA GENERASI MUDA

Suasana acara “Bedah Buku & Launching Antologi Puisi Religi ‘Sang Mesias’ & Pameran Buku Karya Pater Fritz Meko, SVD” di Hotel Cahaya Bapa, Naikoten Kupang, Sabtu (2/4/2022).  

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mengatakan bahwa karya dan budaya literasi harus diwariskan kepada generasi muda. Pemahaman yang baik terkait literasi, imbuhnya, bisa membantu manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, sehingga dapat menghasilkan karya tulis dari pemikiran dan refleksi kritis yang dapat dibaca serta bermanfaat bagi orang lain. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara “Bedah Buku & Launching Antologi Puisi Religi ‘Sang Mesias’ & Pameran Buku Karya Pater Fritz Meko, SVD” di Hotel Cahaya Bapa, Naikoten Kupang, Sabtu (2/4/2022).

 

“Kita semua tentunya sangat mengapresiasi dengan kebanggan luar biasa atas launching-nya buku karya Pater Fritz Meko, SVD. Kita juga berterima kasih kepada Pater Fritz Meko yang lewat karyanya ini membantu kita untuk membuka wawasan untuk merefleksikan realitas dan memahami ‘Sang Mesias’ lewat puisi-puisi yang hebat. Ini tentunya sangat menarik,” ujar VBL.

 

“Kita akui bahwa Pater Fritz melahirkan pengetahuan literasi lewat puisi-puisi religi. Ini sungguh hebat dan tentunya beliau akan dikenal dengan karyanya ini. Selayaknya seorang manusia yang hebat adalah manusia yang berbuat dan berkarya lewat pemikiran dan perasaannya untuk nantinya dibaca ataupun berguna bagi orang banyak sehingga pasti akan terus dikenang sepanjang zaman,” tambah VBL.


Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Sementara itu, pada saat sesi diskusi bedah buku, Pater Fritz Meko, SVD mengatakan bahwa melalui buku tersebut dirinya ingin mengajak pembaca untuk melakukan refleksi.

 

“Melalui puisi ini saya ingin mengajak pembaca untuk melakukan kontemplasi dan refleksi mendalam atas kasih karunia Tuhan,” katanya.

 

“Dengan puisi yang merupakan bentuk karya sastra dengan kata-kata yang singkat pendek tetapi pesannya sangat mendalam. Saya rasa akan lebih menyentuh para pembaca nantinya,” tambah beliau.



Di lain kesempatan, Provinsial SVD Timor, Pater Didi Hai, SVD juga turut memberikan apresiasi atas kehadiran buku karya Pater Fridz Meko, SVD tersebut.

 

“Pater Fritz ini saya kenal baik orangnya. Dia memang sangat kreatif dan cerdas serta memiliki banyak talenta selain sebagai penulis juga sebagai budayawan, sastrawan dan juga berbakat dalam menulis lagu atau musik. Penulisan diksi yang dia pakai sangat menarik dan kita pasti terhibur dengan tulisan yang ia buat. Buku ini sebagai bukti bahwa beliau memang punya kemampuan menarasikan refleksi realitas dalam puisi-puisi religi seperti ini,” jelasnya

 

Untuk diketahui, dalam laporan panitia yang disampaikan, kegiatan tersebut turut mendukung program literasi bagi masyarakat serta untuk mendidik generasi muda agar memiliki kecakapan, kualitas karakter, dan kompetensi. (Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments