Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BADAN KESBANGPOL TTS GELAR LOMBA PIDATO DAN TARIAN EMPAT PILAR WAWASAN KEBANGSAAN

 

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten TTS, Drs. Edison Sipa, M.Si. 



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan dan menumbuhkan daya berpikir kritis dan kreatif terkait ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kalangan generasi muda, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar Lomba Pidato dan Tarian Empat Pilar Wawasan Kebangsaan antar peserta didik SMA/SMK se-TTS di Aula Mutis, Kantor Bupati TTS, Jumat (22/4/2022). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten TTS, Drs. Edison Sipa, M.Si selaku perwakilan Bupati TTS dan Kepala Kesbangpol Kabupaten TTS, George D. Mella, SH, M.Si.

 

Dalam arahannya selaku perwakilan Bupati TTS, Edison menyampaikan permohonan maaf dari Bupati TTS yang belum berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut karena adanya tugas lanjutan di Jakarta. Maka dari  itu, imbuh Edison, dirinya dimandatkan untuk membuka kegiatan tersebut secara resmi.

 

Edison juga menegaskan bahwa Pancasila merupakan kekuatan bersama untuk mengejar cita-cita dan semangat yang dipersatukan dalam bingkai NKRI, tanah air dan bahasa yang satu.

 

“Untuk itu, adanya lomba ini bukan tujuannya supaya keluar sebagai pemenang melainkan menanamkan nilai-nilai pancasila yang dapat melahirkan generasi-generasi yang dapat melestarikan budaya,” ujarnya.


Kepala Kesbangpol Kabupaten TTS, George D. Mella, SH, M.Si.

Sementara itu, George selaku Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten TTS dalam sekapur sirihnya menandaskan bahwa belakangan ini, semua pihak semakin menyadari adanya begitu banyak konsep yang berusaha menggeser dasar negara dan ideologi Pancasila dengan konsep yang lain. Namun, sambung George, masyarakat Indonesia telah dikuatkan oleh pemahaman akan kesatuan dalam bingkai NKRI.

 

“Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk menanamkan adanya persatuan di dalam masyarakat karena saat ini ada pergeseran dalam kehidupan bermasyarakat sehingga perlu ditanamkan sejak dini serta ini sebagai tahapan untuk memperingati hari kesaktian Pancasila di Ende sehingga penilaiannya harus objektif karena yang juara akan mewakili kabupaten TTS di tingkat provinsi dan akan diikutsertakan pada upacara di Ende,” sambung George.

 

Sedangkan, dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Dony Babys menuturkan, “Perlombaan ini sebagai program tahunan Badan Kesbangpol dan tahun ini total hadiah yang perebutkan sebanyak 26 juta 250 ribu,” tuturnya. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments