Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAS KATOLIK ST. GABRIEL MAUMERE GELAR UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER

Peserta didik kelas XII SMAS Katolik St. Gabriel Maumere mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer, Senin (7/3/2022). 

 

Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Katolik St. Gabriel Maumere menggelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer bagi peserta didik kelas XII, Senin (7/3/2022). Para peserta didik harus mengikuti dua bentuk ujian, yakni teori dan pengumpulan karya tulis. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMAS Katolik St. Gabriel Maumere, Drs. Felix Wodon. Secara teori, ujarnya, para peserta didik harus mengikuti ujian menggunakan komputer. Selain itu, imbuhnya, para peserta didik juga wajib mengumpulkan karya tulis. 

 

“Dalam penyelesaian studi tersebut, peserta didik harus mengumpulkan sebuah karya tulis yang dibimbing oleh guru-guru. Ujian sekolah tersebut dilakukan dengan cara online dengan menggunakan komputer. Alasannya, pelaksanaan ujian tersebut jauh lebih hemat daripada ujian manual. Selain itu, peserta didik dapat menggunakan hand phone android masing-masing dimana saja asalkan peserta didik sudah mempunyai program token dan terprogramkan di hand phone,” ujar Felix.

 

Terkait karya tulis, Felix menuturkan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari pengembangan budaya literasi di lingkungan sekolah. Para peserta didik, tandasnya, selalu diarahkan untuk mencari bahan literasi dan referensi di perpustakaan guna diolah menjadi sebuah karya tulis yang akademis. Selain itu, sambungnya, semua peserta didik juga diwajibkan untuk membuat tulisan yang bisa dipublikasikan di Majalah Dinding (Mading) sekolah setiap bulannya.



Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas, Marsel Mansu, S.Fil menjelaskan bahwa kegiatan ujian tersebut berjalan dengan lancar dan terus dipantau oleh para guru guna mengantisipasi semua kendala yang terjadi, terutama secara teknis. Kegiatan tersebut, sambungnya, sudah diinformasikan oleh pihak sekolah kepada para peserta didik dan orang tua sebelum digelar.   

 

Hal serupa juga diutarakan oleh salah satu guru, Mayus Madyanto, S.Pd yang bertugas sebagai mentor ujian. Dirinya mengonfirmasi bahwa para peserta didik XII SMAS Katolik St. Gabriel Maumere melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer dengan baik menggunakan aplikasi Woka. 

 

Pantauan media, kegiatan ujian tersebut diikuti oleh 138 peserta didik kelas XII secara shift dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Perlu diketahui, SMAS St. Gabriel Maumere bernaung di bawah Yayasan Bina Sari dan memiliki 41 tenaga pendidik, 13 pegawai tata usaha, serta 357 peserta didik kelas X-XII. (Sebastianus Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments