Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PERINGATI ISRA' MI'RAJ, SMP NEGERI 1 ADONARA TIMUR GELAR KEGIATAN PERSADA


 


Flores Timur - CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Adonara Timur menggelar Kegiatan Pesantren Sabtu-Ahad (Persada). Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan bagi peserta didik yang beragama Islam tersebut berlangsung selama 2 hari, yakni Rabu-Kamis (2-3/3/2022) secara tatap muka.

 

Kegiatan Persada turut dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Adonara Timur, Ustadz Ardin Adola Tokan, S.Ag, Wakil Kepala Sekolah, Ustadz Muh. Lusi S.Wt, Perwakilan Komite Sekolah, Ustadz Muh. Taher, Penceramah, Ustadz Muh. Yanto, S.Pd.I, Ustadz Kamsudin Ridwan, Kaur Kurikulum, Ustadz Ahmad Jailani, Kaur Kesiswaan, Ustadz Muh. Soleh Kadir, S.Pd, Ustadz Muh. Fil Lamarobak, serta Ustadz Irwan BL.

 

Dalam sambutannya, Perwakilan Komite SMP Negeri 1 Adonara Timur, Ustadz Muh. Taher menjelaskan bahwa Persada merupakan kegiatan positif yang harus terus didorong karena mampu meningkatkan nalar berpikir peserta didik selain melalui kegiatan-kegiatan regular di sekolah. Sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, imbuhnya, Persada mampu membekali peserta didik dengan nilai-nilai spiritual. 



Pada kesempatan yang sama, Kepala SMP Negeri 1 Adonara Timur, Ustadz Ardin Adola Tokan, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Dirinya sangat mengapresiasi antusias dari semua pihak, terutama para peserta didik yang berkenan mendukung kegiatan Persada guna memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H.

 

Lebih lanjut, Peceramah dalam kegiatan tersebut, Ustadz Muh. Yanto menyampaikan uraian materi hikmah perjalanan peristiwa Isra' dan Mi'rajnya Nabi Muhammad SAW dengan baik kepada para peserta didik.

 

“Isra' adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW pada suatu malam dari Masjil Al-haram (Mekkah) ke Masjidil Aqsha (Palestina), selanjutnya dimi'rajkan untuk menerima perintah solat dari Allah SWT", tukasnya. 

 

“terdapat tiga mi'raj: pertama, mi'rajnya Nabi Musa as yang berbicara langsung dengan Allah SWT, kedua, mi'rajnya Nabi Muhammad SAW menghadap Allah SWT untuk menerima perintah solat, dan mi'rajnya orang-orang yang beriman, yakni mendirikan solat,” demikian tandas Ustadz Yanto dalam ceramah singkatnya.



Untuk diketahui, Kegiatan Persada tersebut diikuti oleh 250 peserta didik SMP Negeri 1 Adonara Timur. Perayaan peringatan Isra' dan Mi'raj tersebut berakhir pada pukul 22.30 Wita dan selanjutnya para santri-santriwati SMP Negeri 1 Adonara Timur langsung menginap di sekolah tersebut untuk mengikuti kegiatan pesantren selanjutnya, yakni bangun tengah malam untuk bertahajjud di hadapan Allah SWT, renungan malam, zikir dan berdo'a kepada Allah SWT, Sholat Subuh berjamaah, serta ditutup dengan Sholat Duha berjamaah sebelum pulang ke rumahnya masing-masing. (Kamsudin Ridwan/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments