Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GELAR TRYOUT, SMA NEGERI 2 MACANG PACAR GUNAKAN APLIKASI CBT

Suasana kegiatan Ujian Tryout berbasis Computer Based Test (CBT) di SMA Negeri 2 Macang Pacar.


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Macang Pacar melakukan gebrakan baru dengan menggelar Ujian Tryout berbasis Aplikasi Computer Based Test (CBT) selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (7-9/3/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) yang belaku. Hal itu diutarakan oleh Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar, Yufentus Panok, S.Pd.,Gr. Menurutnya, Ujian Tryout berbasis Aplikasi CBT merupakan langkah awal dari proses digitalisasi bagi sekolah sekaligus menjadi model percontohan.

 

“Digitalisasi merupakan salah satu dampak langsung dari kemajuan teknologi yang tak dapat dihindari. Kertas dan alat tulis tak dibutuhkan lagi, sementara pendidikan tetap berjalan baik menggunakan metode digital. CBT berarti seluruh proses ujian dikerjakan melalui komputer (atau perangkat keras lainnya) secara online. Di samping kekurangan-kekurangan yang masih harus dibenahi perlahan, ternyata CBT memiliki lebih banyak manfaat,” ujar Yufentus.

 

Yufentus menerangkan bahwa penggunaan Aplikasi CBT memiliki beberapa manfaat, terutama dalam memudahkan proses pendidikan. Pihak sekolah, ujarnya, mampu menghemat anggaran dalam pengadaan fasilitas ujian. Jika penerapan ujian dengan metode konvensional harus mengeluarkan anggaran yang besar, maka ujian berbasis CBT hanya menggunakan komputer tanpa batas, bahkan proses latihan harian sekalipun.



Selain itu, jelas Yufentus, para guru juga lebih mudah dalam memantau dan menindaklanjuti hasil ujian peserta didik melalui proses input ke dalam server. Sistem CBT, imbuhnya, akan mengakumulasi secara otomatis nilai hasil ujian para peserta didik berdasarkan kunci jawaban yang telah di-input sebelumnya, serta mampu menunjang perhitungan nilai secara otomatis guna meminimalisir kesalahan manusia (human error) dalam pemeriksaan.. Di samping itu, sambung Yufentus, para peserta didik juga dipermudah dengan tahapan ujian yang sederhana secara teknis.

 

“Peserta didik tidak perlu membawa dan meminjam alat tulis, tidak perlu menyilang jawaban dan mencorat-coretnya jika salah. Melalui komputer pada CBT, peserta didik hanya harus menglik jawaban yang benar dan mengliknya lagi (undo-click) jika salah. Saat ada gambar soal yang kecil dan tidak terlalu jelas, peserta didik bisa memperbesarnya dengan mengklik pilihan zoom hingga gambar terlihat cukup jelas,” ungkap Yufentus.

 

Sementara itu, salah seorang operator CBT, Georgius Suryanto, S.Pd yang juga merupakan inisiator penggunaan Aplikasi CBT menuturkan bahwa proses pelaksanaan ujian selama 3 hari tersebut sempat mengalami kendala ringan akibat jaringan yang belum stabil dan cuaca yang tidak mendukung. Ujian tersebut, ungkapnya, diikuti oleh 179 peserta didik kelas XII yang terdiri atas 83 orang laki-laki dan 96 orang perempuan dari tiga jurusan yang berbeda, yakni Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk itu, para peserta didik, pungkasnya, telah dilatih dan dibimbing oleh pihak sekolah sebelum ujian digelar.  


Peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Macang Pacar usai melaksanakan Ujian Tryout berbasis CBT.

Di sisi senada, salah satu peserta didik SMA Negeri 2 Macang Pacar, Kristianus Garman yang turut mengikuti ujian tersebut mengatakan bahwa proses ujian berjalan dengan lancar selama 3 hari. Para peserta didik, imbuhnya, juga memperoleh hal baru, terutama tentang cara mengoperasikan aplikasi ujian yang telah diinstal pada komputer.

 

“Pelaksanaa ujian secara online sangat efektif dan efisien. Selain itu, sistem online mengharuskan peserta didik berpikir cepat dan mengerjakan soal dengan tepat. Dan harapan saya, untuk lembaga kami, semoga ujian secara online ini dapat dilaksanakan pada waktu-waktu yang akan datang,” pungkasnya. (Hironimus Deo/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments