Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUTA BACA INDONESIA GELAR SAFARI LITERASI DI KABUPATEN ENDE

 

Duta Baca Indonesia Periode 2021-2025, Heri Hendrayana Harris atau yang akrab disapa Gol A Gong saat menggelar Kegiatan Safari Literasi di Kabupaten Ende.


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung Program Pemerintah terkait Gerakan Literasi Nasional, Duta Baca Indonesia Periode 2021-2025, Heri Hendrayana Harris atau yang akrab disapa Gol A Gong menggelar Kegiatan Safari Literasi di Kabupaten Ende selama 3 hari, yakni Sabtu-Senin (19-21/3/2022). Kegiatan yang didukung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende turut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Ende, Erikos Emanuel Rede; Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaful Bahri Lubis; Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi NTT, Polikarpus Do; para Kepala Sekolah; serta jajaran OPD dan Forkopimda Kabupaten Ende.

 

Dalam sambutannya, Wabup Ende, Erikos mengatakan bahwa Kegiatan Safari Literasi sangatlah penting karena mampu merangsang dan meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat, terutama generasi muda saat ini. Literasi, jelasnya, merupakan wadah pengembangan informasi yang bisa diolah dan dicermati (salah satunya) melalui kegiatan membaca dan menulis. Untuk itu, harap Erikos, kunjungan Duta Baca Indonesia tersebut bisa mendorong masyarakat untuk mulai mengakarkan literasi, terutama dalam mencegah disintegrasi bangsa.  

 

“Kegiatan literasi ini memiliki makna dan tujuan yang akan kita raih, yakni memastikan literasi ini sebagai budaya bagi kita semua dan tentu untuk generasi kita. Literasi ini bukan hanya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), akan tetapi literasi ini juga merupakan alat untuk mencegah disintegrasi bangsa,” ujar Erikos.

 


Sementara itu, Duta Baca Indoensia, Gol A Gong menuturkan bahwa Kegiatan Safari Literasi tersebut merupakan program yang dibuatnya sejak terpilih sebagaai Duta Baca Indonesia. Melalui kegiatan tersebut, imbuh Gol A Gong, dirinya bersama rekan-rekan lainnya bisa melakukan kunjungan ke setiap daerah di seluruh Wilayah Indonesia untuk memberikan pelatihan dan bimbingan terkait literasi. Hal itu, sambungnya, berguna untuk menciptakan generasi-generasi mendatang yang mampu menghasilkan karya-karya literasi. Maka dari itu, tegasnya, salah satu upaya yang harus ditekankan adalah meningkatkan kebiasaan membaca dan menulis.

 

“Kegiatan Safari Literasi ini adalah program yang saya bangun dan dapat berkunjung ke setiap kota di seluruh Indonesia serta memberikan pelatihan-pelatihan. Tujuannya adalah agar nanti generasi mendatang bisa menciptakan sebuah karya, agar kita tidak dipandang oeh negara luar sebagai bangsa yang mempunyai budaya rendah dalam hal membaca,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ende, Mohammad Sahab, H.S.,S.H yang turut hadir pada kesempatan tersebut menerangkan bahwa dalam Kegiatan Safari Literasi tersebut, Duta Baca Indonesia juga mengajarkan kepada para pelajar tentang bagaimana menulis puisi atau Cerita Pendek (Cerpen) yang baik di Media Sosial. Mohammad berharap agar kegiatan tersebut bisa berdampak positif bagi para pelajar, sehingga mampu mendorong mereka untuk menjadi penulis handal yang berkualitas dan berkarakter.  



Untuk diketahui, setelah melaksanakan kegiatan di Taman Renungan Bung Karno, Duta Baca Indonesia bersama rombongan juga melakukan kunjungan ke Rumah Tempat Pengasingan Bung Karno, Komunitas Anak Cinta Lingkungan (ACIL) Ende, SMP Negeri 1 Ende, SMK Negeri 2 Ende, dan berakhir di SMK Negeri 1 Ende. Di akhir kunjungan, semua rombongan disambut oleh Tarian Adat Ende Lio yang dibawakan oleh para pelajar dari masing-masing sekolah. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments