Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PERINGATI HPN KE-76, SMK NEGERI 3 KOMODO GELAR WORKSHOP FOTOGRAFI

SMK Negeri 3 Komodo menggelar Workshop Fotografi bersama Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), Rabu (9/2/2022).



Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-76, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Komodo menggelar Workshop Fotografi bersama Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), Rabu (9/2/2022). Kegiatan workshop tersebut turut menghadirkan dua narasumber, yakni anggota Komunitas Fotografer Labuan Bajo, NM. Bondan dan wartawan Metro TV, John Lewar.

 

Pada kesempatan pertama, Bondan menegaskan bahwa fotografi merupakan salah satu wadah untuk mempromosikan pariwisata Labuan Bajo. Menurutnya, melalui fotografi digital, potret wisata Labuan Bajo bisa didokumentasikan secara baik dan tersebar melalui postingan media sosial. Untuk memperoleh hasil fotografi yang indah, ungkapnya, perlu didasari dengan proses belajar dan pelatihan yang rutin.

 

Lebih lanjut, Bondan berharap agar setiap lembaga pendidikan, termasuk SMK Negeri 3 Komodo bisa memiliki komunitas atau kelas fotografi sebagai bagian dari pengembangan ekstrakurikuler. Hal itu, imbuhnya, akan sangat berguna bagi pengembangan bidang pariwisata di SMK Negeri 3 Komodo. 

 

“Saya merasa kegiatan pelatihan fotografi ini sangat baik dan bermanfaat bagi peserta didik di sekolah ini yang nanti diarahkan untuk bekerja di dunia pariwisata. Saya mengharapkan bahwa di sekolah ini atau di lembaga pendidikan ada kelas atau ekstrakurikuler khusus untuk fotografi. Saya juga berharap bahwa kami dari Komunitas Fotografer Labuan Bajo bisa berbagi dengan para peserta didik atau komunitas lainnya terkait fotografi,” ungkap Bondan.


Suasana Workshop Fotografi di SMK Negeri 3 Komodo.


Senada dengan Bondan, John yang juga bertugas di daerah Labuan Bajo mengatakan bahwa untuk menarasikan sebuah foto dengan baik dibutuhkan kenyamanan dan ketenangan hati.

 

“Menarasikan foto tidaklah gampang, dibutuhkan kenyamanan, ketenangan dan kedamaian batin untuk menulis kata-kata yang indah, tepat, dan benar terkait foto yang dihasilkan,” tukas John.

 

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Komodo, Hortensia Herima memberikan apresiasi dan limpah terima kasih bagi para narasumber yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang fotografi dan jurnalitik. Dirinya berharap agar kegiatan yang diinisiasi oleh PWMB tersebut bisa terus berlanjut dan rutin dilaksanakan.

 

“Saya merasa bersyukur kepada teman-teman wartawan Manggarai Barat yang sudah menghubungi kami untuk melaksanakan pelatihan jurnalistik di sekolah kami secara gratis. Saya merasa bahwa kesempatan ini sangat langka dan perlu untuk disambut dengan antusias dan semangat sehingga akhirnya bisa dilaksanakan dengan sukses. Saya berharap kemampuan peserta didik dalam menulis dan menarasikan sesuatu terkhusus menarasikan foto bisa bertumbuh dengan baik,” pungkas Hortensia. (Frein Raden/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments