Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MENGENAL PROGRAM TBM RUMAH KREATIF SAHABAT NUSANTARA

Suasana kegiatan literasi di TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara yang terletak di Pulau Ende. 


 

Ende, CAKRAWALANTT.COM - Kegiatan literasi di Pulau Ende telah berjalan dengan baik. Berbagai upaya dan program selalu diaktualisasikan oleh para relawan yang tergabung dalam komunitas atau kelompok Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Salah satunya adalah TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara. Komunitas yang sudah berdiri sejak 10 tahun lalu tersebut aktif memberikan asupan-asupan literatif kepada masyarakat di Dusun Kemo, Desa Rendoreterua, Kecamatan Pulau Ende.

 

Dalam sebuah wawancara bersama media ini, Ketua TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, Hifni Djafar, S.Pd mengungkapkan bahwa sejak 26 Juni 2011, TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara selalu konsisten dalam pergerakannya di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi berbasis literasi. Selain itu, tuturnya, terdapat beberapa program yang sudah dijalankan, seperti Kampung Literasi, Kader Literasi, Kebun Literasi Sekolah Literasi dan pembangunan Pos Baca.   

 

“Komunitas kita ini bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi berbasis Literasi. Ada beberapa kegiatan dan program yang kita jalankan. Misalnya, ada Kampung Literasi, Kader Literasi, Kebun Literasi, Sekolah Literasi dan Pos Baca. Dan ada 9 program unggulan yang kita lakukan selama ini di Kecamatan Pulau Ende,” ujarnya melalui sambungan telepon.

 

Lebih lanjut, terang Hifni, program-program tersebut telah berjalan secara baik. Dalam program Kader Literasi, imbuhnya, anggota TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara kerap melakukan pembinaan kepada para pelajar Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), dan Atas (SMA) secara rutin. Kemudian, untuk program Kampung Literasi, jelas Hifni, pihaknya telah mendesain kampung untuk melakukan kegiatan dan aktivitas literasi, dimana di dalamnya juga terintegrasi program Kebun Literasi sebagai media pembelajaran.


Ketua TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, Hifni Djafar, S.Pd.


Di sisi senada, Hifni juga menandaskan bahwa untuk memperlancar semua program kerja, pihaknya turut membangun kemitraan dengan beberapa lembaga pendidikan untuk dijadikan sekolah binaan, seperti SMA Negeri Pulau Ende. Selain itu, imbuhnya, anggota TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara juga mendirikan Warung IQRO yang merupakan unit usaha untuk mendanai semua kegiatan yang akan diaktualisasikan. Sementara itu, sambungnya, terkait program Pos Baca, pihaknya sudah membangun di 9 desa yang ada di Pulau Ende, dimana masing-masing pos baca akan dititipkan 50 buku selama sepekan.  

 

Selain membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan, Hifni bersama anggota TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara lainnya juga turut berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende dan Dinas Pendidikan Kabupaten Ende untuk mendukung setiap program dan kegiatan literasi.



Hifni menambahkan TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara pernah mengikuti kegiatan Taman Bacaan Rekreatif-Kreatif Tingkat Nasional di Medan, Sumatera Utara pada tahun 2018. Kegiatan tersebut, imbuhnya, merupakan bagian dari peringatan Hari Aksara Internasional. Untuk itu, harapnya, dengan adanya program dan kegiatan literasi di Pulau Ende, pihaknya bisa terus membuka pos-pos baca baru, sehingga ke depannya masing-masing desa memiliki 1 TBM mandiri.

 

“Harapan yang pertama agar 8 desa ini yang sudah dibuka pos-pos baca ini harus ada taman bacaannya. Jadi, kedepannya mau didesain di Pulau Ende ini 1 desa harus memiliki 1 TBM mandiri. Dan juga harapan yang kedua ini, yaitu Pulau Ende ini bisa menjadi Pulau Literasi,” pungkasnya. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments