Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KOMUNITAS ACIL ENDE GELAR DEMONSTRASI KOMPOR BIOMASSA

Demonstrasi kompor biomassa bersama Komunitas Acil Ende, Startup Company Comestoarra.com, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende, Jumat (4/2/2022).


  

Ende, CAKRAWALANTT.COM - Komunitas Anak Cinta Lingkungan (Acil) Ende menggelar demonstrasi kompor biomassa, Jumat (4/2/2022). Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Startup Company Comestoarra.com dan Komunitas Acil Ende. Demonstrasi pun turut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende, Drs. Haris Abdul Majid, CEO Startup Company Comestoarra.com, Arief Nurhidayat, serta Ketua Komuitas Acil Ende, Umar Hamdan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende, Haris Abdul Majid memberikan apresiasi bagi inovasi kompor biomassa tersebut. Menurutnya, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende beserta Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) pernah melakukan pengadaan kompor pelet dari tanah liat dan aluminium.

 

Namun hal tersebut, sambung Haris, belum cukup maksimal dilakukan karena sulitnya pengadaan bahan baku pembuatan. Sedangkan kompor biomassa, imbuhnya, hanya terbuat dari bahan semen dan pasir, sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam memperoleh bahan baku pembuatannya.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende, Drs. Haris Abdul Majid (kedua dari kiri) bersama Ketua Anak Cinta Lingkungan/ACIL, Umar Hamdan (kiri) serta CEO Startup  Company Comestoarra.Com, Arief Nurhidayat (kedua dari kanan).


“Menurut saya, ini program yang sangat tepat untuk masyarakat. Kita memang sudah ada upaya-upaya yang dilakukan, baik oleh pemerintah, dunia usaha dan dunia pendidikan untuk pengadaan kompor pelet dari tanah liat dan alumunium. Namun, tanah liat masih susah didapat oleh masyarakat dan alumunium harganya masih tergolong mahal, tapi kompor biomassa ini hanya terbuat dari semen dan pasir. Semoga hal ini dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat,” ujar Haris.

 

Sementara itu, CEO Startup Company Comestoarra.com, Arief Nurhidayat menuturkan bahwa kompor biomassa tersebut sangat membantu kehidupan masyarakat sehari-hari karena bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Selain itu, imbuhnya, kompor biomassa tersebut juga bersifat ramah lingkungan karena minimnya asap yang dihasilkan sehingga mampu menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan akut.

 

Lebih lanjut, Ketua Komunitas Acil Ende, Umar Hamdan turut menyampaikan harapan yang besar kepada pihak Pemda Kabupaten Ende agar bisa secara bersama-sama membantu proses pengadaan kompor biomassa tersebut. Baginya, sifat ramah lingkungan yang dimiliki oleh kompor tersebut juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi sampah di tengah masyarakat.



“Kompor biomassa merupakan salah satu solusi permasalahan sampah karena kita menggunakan ‘Sistem Cukur Rambut’, yaitu dengan mengambil ranting-ranting pohon yang digunakan sebagai bahan bakar kompor biomassa ini. Selama ini ranting-ranting kayu yang diambil dari kebun itu selalu dibuang percuma begitu saja,” ujar Umar.

 

Pantauan media, pihak Startup Company Comestoarra.com juga menghibahkan mesin cacah atau mesin pelet sehingga bisa memudahkan masyarakat secara ekonomis sekaligus mendukung program penanggulangan sampah. (Mochamad Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments