Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KADES NOELBAKI LANTIK 82 KETUA RT/RW DAN KOORDINATOR RW

Suasana pelantikan 82 Ketua RT/RW dan Koordinator RW oleh Kades Noelbaki, Oktovianus Logo Buke, SH, Jumat (11/2/2022). 


 

Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Desa (Kades) Noelbaki, Oktovianus Logo Buke, SH melantik 82 Ketua RT/RW dan Koordinator RW masa bakti 2021-2027 di Gereja Jemaat Samaria Cabang Terminal Noelbaki, Jumat (11/2/2022). Pelantikan tersebut sesuai dengan amanat dalam UUD Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Dana Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat, serta Peraturan Bupati Kupang Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

 

Dalam arahannya, Oktovianus menegaskan para Ketua RT/RW dan Koordinator RW yang baru dilantik harus bekerja sebagai garda terdepan dalam proses pembangunan desa dan bahkan pembangunan nasional. Hal itu, imbuhnya, sesuai dengan agenda kerja desa yang merujuk pada reformasi sistem kinerja aparatur Pemerintah Desa (Pemdes). Oleh sebab itu, sambungnya, para aparatur harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

 

“Penyelesaian masalah warga banyak bertumpu kepada Ketua RT dan RW. Tahun ini menjadi tahun yang penting karena agenda awal kerja desa adalah reformasi sistem kinerja aparatur Pemerintah Desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, kerja sama dan bekerja bersama masyarakat sangat diperlukan untuk pembangunan desa ini,” tandas Oktovianus.



Lebih lanjut, Oktovianus berharap agar para aparatur yang baru dilantik mampu menciptakan hubungan yang hormonis antar warga. Selain itu, ujarnya, masyarakat juga dituntut untuk mampu menghidupkan suasana kekeluargaan di tengah kehidupan bersama. 

 

“Bapa dan Ibu Ketua RT dan RW harus sabar dan tahan banting. Jangankan yang buruk, pekerjaan yang sifatnya membangun saja, kita dicemooh. Memang diakui bahwa pekerjaan dan tanggung jawab kita begitu besar, tetapi tidak sebanding dengan insentif yang kita terima. Namun, kita akan mendapatkan kepuasan batin karena bisa membantu tetangga dan warga lain di tempat tinggal kita masing-masing,” ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maria Nuban berharap agar para Ketua RT/RW dan Koordinator RW yang baru dilantik dapat bekerja dengan hati serta selalu peka dan peduli terhadap kebutuhan warga. Hal itu, imbuhnya, berguna untuk memajukan Desa Noelbaki secara baik dan berkualitas. 

 

“Sebagai wakil rakyat, saya berkomimen untuk memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan warga. Sudah disiapkan anggaran tahun 2022 di bidang pariwisata untuk penataan Pantai Panmuti agar dapat meningkatkan PADes. Selain itu, perbaikan Jalan Tilong yang menjadi kewenangan Balai Wilayah Sungai dan sudah ada komitmen setelah pengerjaan Bendungan Manikin untuk di-hot mix dan beberapa bantuan untuk kelompok usaha semisal tenun ikat,” ujar Anggota Komisi II DPRD Provinsi NTT tersebut.



Sementara itu, tokoh masyarakat setempat yang turut hadir, Andreas Ila berharap agar para Ketua RT/RW dan Koordinator RW yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, Desa Noelbaki harus dibangun secara baik dengan terobosan-terobosan kreatif. Selain itu, pungkasnya, para aparatur juga harus mampu proaktif dalam menata dan membangun Desa Noelbaki ke arah lebih baik.

 

Untuk diketahui, pelantikan para Ketua RT/RW dan Koordinator tersebut berlangsung dengan hikmah dan dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama serta tamu undangan lainnya. Setelah prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan ibadah syukur dan resepsi bersama. (red)


Post a Comment

0 Comments