Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

WUJUDKAN PEMBELAJARAN BERKUALITAS, KAMPUS STA. ANGELA ATAMBUA GELAR PELATIHAN MENULIS PTK

 

Suasana kegiatan pelatihan menulis PTK dan artikel ilmiah di Kampus Sta. Angela Atambua, Selasa (4/1/2022).



Belu, CAKRAWALANTT.COM - Guru merupakan garda terdepan dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas tentu membutuhkan guru yang berkualitas pula. Salah satu ciri guru yang berkualitas adalah guru yang mampu mengembangkan dirinya dan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya, baik kompetensi pedagogik, pribadi maupun sosial. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru adalah dengan selalu berlatih untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

 

Inovasi dalam pembelajaran akan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, aktif, dan kreatif, sehingga menumbuhkan motivasi pada diri peserta didik untuk ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal itu pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan model-model pembelajaran yang menarik agar materi yang disajikan tidak terkesan membosankan. Selain itu, dengan model pembelajaran yang inovatif, peserta didik bisa lebih dilibatkan guna menggali dan menemukan ide-ide yang baru.

 

Berangkat dari hal tersebut, Kampus Sta. Angela Atambua pun menyadari bahwa peranan guru berpengaruh besar terhadap kualitas pendidikan. Untuk itu, dengan berbagai upaya, Kampus Sta. Angela Atambua selalu mendorong para gurunya untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kampus Sta. Angela Atambua adalah mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).



 

Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari Selasa 4 Januari 2022 lalu telah diadakan kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Artikel Ilmiah bagi para guru unit TK, SD, SMP dan SMA di Kampus Sta. Angela Atambua. Narasumber pelatihan adalah dua dosen Universitas Katolik Widya Mandira-Kupang, yakni Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd. dan Dr. Maximus M. Taek, M.Si.

 

Dalam pelatihan tersebut, guru-guru dilatih bagaimana mendesain dan melakukan PTK, mengumpulkan dan menganalisis data, membuat pembahasan dan kesimpulan, dan selanjutnya menulis laporan hasil penelitian dan membuat artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan yang sudah pernah diadakan sebelumnya pada bulan Maret 2021 secara daring.

 

Pada pelatihan sebelumnya, para guru dibimbing oleh kedua narasumber untuk menulis proposal penelitian yang kemudian dipresentasikan oleh masing-masing guru, lalu di-review dan diberikan catatan dan saran-saran perbaikan untuk penyempurnaan proposal-proposal tersebut.

 

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Suster Lestari, OSU sebagai koordinator kampus sekaligus memberikan motivasi dan peneguhan kepada para guru untuk terus bertekun sampai akhir penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. Dalam pelatihan tersebut, peserta dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok guru yang sudah menyelesaikan PTK (guru SMA) dan kelompok guru yang belum menyelesaikan PTK (guru-guru TK, SD dan SMP).

 

Bagi kelompok guru yang belum menyelesaikan PTK, narasumber Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd. memberikan kesempatan kepada para guru untuk menyampaikan hambatan-hambatan apa saja yang ditemukan para guru saat menyelesaikan penulisan proposal PTK. Narasumber kemudian melanjutkan materi pelatihan mengenai instrumen-instrumen yang harus disiapkan sebelum melakukan PTK. Adapun instrumen yang dimaksud berupa lembar observasi kegiatan belajar mengajar guru dan lembar observasi kegiatan belajar peserta didik.

 

Beberapa guru yang baru bergabung di tahun ajaran 2021/2022 diberikan penjelasan mengenai PTK, penentuan judul PTK serta landasan teori. Para guru juga diminta untuk segera menulis proposal PTK dan mengonsultasikannya dengan narasumber. Sementara itu, bagi kelompok guru-guru SMA Santa Angela Atambua yang telah menyelesaikan PTK, narasumber Dr. Maximus M. Taek, M.Si memberikan bimbingan untuk menuliskan laporan PTK dalam bentuk artikel ilmiah.



 

Pada kesempatan ini, dijelaskan antara lain tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan penelitian, cara menulis bagian-bagian dari artikel ilmiah, cara mengutip pendapat ahli, cara mempublikasikan tulisan pada jurnal ilmiah, dan contoh-contoh jurnal ilmiah. Narasumber juga memotivasi para guru untuk bertekun dan bersabar dalam proses penulisan artikel ilmiah karena akan banyak menerima masukan atau perbaikan (revisi) yang harus dilakukan agar bisa menghasilkan suatu tulisan yang layak untuk dipublikasikan pada suatu jurnal ilmiah.

  

Pada akhir pelatihan, para guru kembali diberikan peneguhan dan motivasi oleh kedua narasumber dan Suster koordinator Kampus Sta. Angela Atambua untuk terus menyelesaikan PTK dan Artikel Ilmiah yang telah dimulai tersebut. Para narasumber, koordinator kampus dan para kepala sekolah di lingkungan Kampus Sta. Angela Atambua berharap agar kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat yang besar bagi peningkatan kompetensi para guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. (Theocletia Leon/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments