Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TINGKATKAN BUDAYA LITERASI, SMA KRISTEN 1 SOE GELAR WORKSHOP KTI

 

Suasana pembukaan kegiatan workshop di SMK Kristen 1 Soe, Senin (24/1/2022).


 

TTS, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka meningkatkan budaya literasi di lingkungan pendidikan, Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen 1 Soe menggelar kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi guru dan tulisan kreatif bagi peserta didik, Senin (24/1/2022). Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Tian Yosis Tallo mewakili Bupati TTS.

 

Dalam sambutannya, Tian memberikan apresiasi bagi terselenggaranya kegiatan workshop tersebut. Baginya, kegiatan workshop merupakan bagian dari upaya peningkatan budaya literasi di dalam lembaga pendidikan. Hal itu, terangnya, bisa menjadi kontribusi berarti bagi kemajuan Kabupaten TTS.

 

“Untuk para pendidik, saya harapkan dapat memacu serta memotivasi peserta didik untuk membaca dan menulis. Dalam tiga hari ke depan kiranya workshop ini dapat memberikan dampak positif dan nuansa baru agar generasi ini dapat bersaing dengan generasi di luar TTS. Kegiatan ini juga dapat memacu Kabupaten TTS menjadi Kabupaten literasi,” ungkapnya.

 

Di lain pihak, Pengawas Binaan SMA Kristen Kabupaten TTS, Drs. Jimmy Pelle, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan workshop tersebut merupakan bagian dari Gerakan Literasi Nasional (GLN) guna menyiapkan generasi yang literat di kemudian hari. Untuk itu, tegasnya, melalui workshop tersebut para guru dan peserta didik harus mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas, baik untuk publikasi jurnal ilmiah maupun kebutuhan kenaikan pangkat. 


“Intinya kegiatan workshop untuk meningkatkan kemampuan berliterasi, menghasilkan ide baru untuk penelitian lanjutan dan kiranya SMA Kristen 1 Soe menjadi contoh awal untuk seluruh SMA di Kabupaten TTS,” ungkap Jimmy.



 

Sementara itu, Kepala SMA Kristen 1 Soe, Benyamin Ataupah, B.A. juga memberikan apresiasi bagi pelaksanaan kegiatan workshop tersebut. Menurutnya, literasi merupakan pintu masuk untuk mengembangkan potensi, terutama dalam bidang menulis dan membaca. Maka dari itu, dirinya sangat berharap agar melalui kegiatan tersebut para guru dan peserta didik bisa bertumbuh dan berkembang guna menghasilkan karya-karya literasi yang berkualitas. 

 

Pantauan media, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MKKS SMA Kabupaten TTS, Drs. Djibrael Yoram Issu, M.Pd, Ketua MKKS SMK Kabupaten TTS Drs. Bernadus Naatonis, M.Pd, serta Tim Narasumber dari Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Kegiatan workshop tersebut melibatkan 40 orang peserta didik dan seluruh guru di lingkup SMA Kristen 1 Soe serta akan berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (24-26/01/2022). (Dyan Blegur/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments