Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MENHUB RI TINJAU PELAKSANAAN TOL LAUT DI PELABUHAN LORENS SAY MAUMERE

 



Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Ir. Budi Karya Sumadi meninjau proses pelaksanaan tol laut di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Jumat (14/1/2022). Peninjauan tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja (kunker) untuk memastikan keberlangsungan tol laut sebagai perintis di Kabupaten Sikka.

 

Dalam sambutannya, Budi menegaskan bahwa tol laut harus bisa memastikan kelancaran transportasi bagi penumpang dan sirkulasi logistik antar daerah, baik di dalam maupun luar kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu, imbuhnya, disesuaikan dengan tarif yang disubsidi oleh pemerintah, sebab pengelola dan kepemilikan kapal-kapal tersebut tidak hanya bernaung di bawah BUMN, melainkan juga pihak swasta.

 

Lebih lanjut, terang Budi, pihaknya turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sikka yang telah menjaga dan merawat fasilitas, kenyamanan dan keamanan Pelabuhan Lorens Say Maumere. Selain itu, tuturnya, pihak operator kapal juga harus melakukan perawatan agar keamanan dan keberlangsungan kapal tetap terjaga.

 

“Saya pikir kerja sama pemerintah dengan swasta ini penting. Saya juga dengar bahwa Maumere menjadi satu pusat kegiatan perdagangan dan muatan barang datang dan pulang secara berimbang. Artinya, tingkat keekonomiannya tercapai. Dan ini menjadi contoh bagi kabupaten lain untuk ditiru,” ungkap Budi.



 

Pemulihan Ekonomi bisa Berjalan Baik

 

Sementara itu, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos.,M.Si turut memberikan apresiasi bagi Menhub RI yang telah mengunjungi dan meninjau keadaan tol laut di Pelabuhan Lorens Say Maumere. Fransiskus berharap agar proses pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 bisa berjalan secara baik.

 

Selain itu, ungkap Fransiskus, pihaknya sedang melakukan proses pembenahan terhadap kondisi pelabuhan serta peningkatan pelayanan secara lebih baik. Hal itu, imbuhnya, bisa mendorong Maumere sebagai salah satu kota perdagangan dan pusat pelabuhan. Untuk itu, sambungnya, kedatangan Menhub RI bisa menjadi pijakan awal dalam memperbaiki segala kebutuhan melalui program nasional. Program tersebut, tegasnya, akan selalu memperoleh dukungan penuh dari Pemda Kabupaten Sikka. 



 

Pantauan media, kedatangan Menhub RI tersebut disambut dengan acara ritual Huler Wair, proses pengalungan dan tarian Hegong di Bandara Frans Seda Maumere. Penyambutan tersebut mendapatkan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian Resort (Polres) Sikka, TNI, serta Satuan Kepolisian Pamong Praja (Pol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sikka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). (Sebastianus Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments