Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MENGENAL TEMPAT WISATA DI KABUPATEN LEMBATA


 


Pantai Lewolein

 

Wisata Lembata pertama yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat liburan adalah Pantai Lewolein yang berlokasi di Jalan Trans Lembata, Dikesare, Lebatukan, Kabupaten Lembata. Pemandangan indah pesisir Lewolein memang menjadi unggulan tempat wisata di Desa Dikesare tersebut.

 

Selain hamparan pasir putih sejauh mata memandang, para pengunjung pun akan dimanjakan dengan berbagai spot foto yang unik dan instagramable. Misalnya, spot ayunan yang bertuliskan Lewolein. Kamu bisa berfoto untuk menunjukanbahwa kamu sedang berlibur di Lewolein.

 

Di sana terdapat 2 unit ayunan gantung yang terletak di separuh titik pasang surut ombak. Jadi kalau air sedang pasang surut, maka kaki kita akan basah disapu oleh ombak. Menjelang sore hari, pantai akan semakin ramai, sebab para pengunjung ingin menikmati momen senja.

 

Beberapa fotografer pun sengaja datang pada waktu tersebut karena ingin memotret gambar siluet yang menakjubkan. Selain ayunan, ada pulau spot bingkai cinta yang terbuat dari anyaman bahan lokal. Bila datang dengan pasangan, maka kamu bisa berfoto di bingkai tersebut.

 

Pantai Bean

 

Ingin menikmati wisata bahari di kepulauan Indonesia bagian timur? Kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di Lembata, yaitu Pantai Bean yang berlokasi di Desa Bean, Kecamatan Buyasuri, Bean, Buyasuri.

 

Pesona pantai yang eksotis ini disebut-sebut mirip seperti wisata Pantai Phuket yang ada di Thailand. Hamparan pasir putih yang mempesona bisa dilihat sejauh mata memandang.  Panjang Pantai Bean sendiri mencapai 5 km, sehingga akan cukup melelahkan bila kamu ingin mencoba untuk menyusuri garis pantai tersebut.

 

Pantai Bean cenderung lebih sepi bila dibandingkan Lewolein sebab tidak memiliki banyak pengunjung yang datang ke sini. Jadi sangat cocok untuk wisatawan yang lebih menyukai suasana pantai yang tenang tanpa banyak orang yang berlalu lalang.



 

Pantai Waijarang

 

Pantai Waijarang merupakan destinasi wisata yang jaraknya tak terlalu jauh dari pusat kota. Lebih tepatnya berlokasi di Waijarang, Nubatukan, Kabupaten Lembata. Bila kamu berangkat dari pusat kota, maka aksesnya cukup mudah sebab memiliki jalan yang bagus.

 

Panorama alam pantai yang khas bisa kamu nikmati di Waijarang. Ada pula pemandangan Gunung Boleng di pulau seberang yang akan semakin memanjakan mata. Bagi kamu yang mau berlibur dalam waktu yang lama pun tak perlu khawatir, sebab di sekitar pantai sudah terdapat rumah resort yang bisa disewa.

 

Kurang lebih terdapat 15 unit rumah penginapan dengan ukuran 15×15 meter. Material rumah tersebut terbuat dari kayu. Di samping itu, terdapat pelabuhan darurat yang memiliki panjang hingga 30 meter dan biasa dijadikan sebagai tempat wisata, snorkeling atau berenang.

 

Bila kamu berniat datang ke sini, sebaiknya mencari informasi lebih lanjut mengenai paket wisata di Pantai Waijarang.

 

Pantai Mingar

 

Pantai Mingar terletak di Desa Mingar, Kecamatan Nagawutung dan berjaraknya sekitarnya 20 km dari pusat Kota Lewoleba serta bisa ditempuh menggunakan kendaraan.

 

Sesampainya di tempat wisata ini, kamu akan disambut dengan eksotisme Mingar. Ada hal unik yang rutin terjadi di sini, yaitu perubahan pasir putih selama bulan April sampai dengan Januari menjadi batu karang. Sementara di bulan Februari sampai dengan Maret keunikannya adalah terdapat sedikit pasir berwarna hitam yang ada di pantai.

 

Sedikit tips, saat kamu berwisata ke pantai, jangan lupa menggunakan sun cream agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari yang menyengat. Gunakan juga pakaian yang mudah menyerap keringat karena akan lebih nyaman digunakan.

 

Tanjung Nuhanera

 

Tanjung Nuhanera berlokasi di Kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata. Tanjung ini terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang indah dan mempesona. Tak heran bila banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke sini hanya untuk melakukan snorkeling, diving atau sekedar berjemur dan menikmati suasana pantai.



Air Terjun Lodovavo Atawuwur

 

Air Terjun Lodovavo Atawuwur berlokasi di Desa Atawai, Kecamatan Nagawutun. Keberadaan air terjun ini memang sangat istimewa. Maklum saja, karena memang Kawasan NTT dipenuhi dengan padang sabana dan pesisir. Ketinggian air terjunnya mencapai 50 meter dan sangat menyegarkan. Apalagi bila kita mencoba langsung sensasi air di kolam alami tersebut.

 

Konon katanya, dahulu ada sepasang ibu dan anak yang tengah bermain di kawasan air terjun Lodovavo. Namun, beberapa menit kemudian anak tersebut hilang dan tanpa jejak. Sang ibu pun tak tahu kemana perginya anak tersebut, sehingga warga sekitar percaya kalau si anak sudah disantap oleh belut raksasa yang ada di air terjun.

 

Lalu, warga sekitar mencari belut raksasa tersebut dan ternyata ditemukan. Warga kemudian membunuhnya dan merobek badan belut, kecuali bagian kepala yang ditinggal begitu saja. Kepala tersebut dipercaya tumbuh menjadi pohon. (Rofinus R. Roning/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments