Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DINAS PK LEMBATA GELAR RAKERDIK TAHUN 2022

 



Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten Lembata menggelar Rencana Kerja Pendidikan (Rakerdik) Tahun 2022, Senin (10/1/2022). Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Olympic Resto tersebut membahas 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai program kompetensi untuk menetapkan rekomendasi dalam meningkatkan sumber daya dan barometer pendidikan.

 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PK Kabupaten Lembata, Anselmus Asan Ola, AP.,M.Si menguraikan kualitas dan mutu pendidikan yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Menurutnya, semua kebijakan yang akan ditetapkan harus berdasarkan Undang-Undang Pendidikan guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

 

Anselmus menerangkan bahwa semua pihak harus berfokus pada 8 SNP, yakni Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, serta Standar Penilaian Pendidikan.

 

Lebih lanjut, ungkapnya, dari 8 SNP tersebut, terdapat 3 hal utama yang harus diperhatikan, yakni proses evaluasi penerapan SNP selama 2021; adanya wadah konsultasi dan koordinasi bagi seluruh Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas pendidikan; serta memperteguh komitmen, motivasi dan langkah dalam mewujudkan visi serta misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata.

 


Sementara itu, terkait hasil yang diperoleh selama Rakerdik, jelas Anselmus, pihaknya telah menetapkan kesepakatan untuk membentuk Peraturan Daerah (Perda) terkait pendidikan, pembentukan Dewan Pendidikan, dan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemda, Kementerian Agama (Kemenag) serta para ketua yayasan guna membangun komitmen bersama antara lembaga pendidikan swasta dan negeri.

 

Selain itu, Anselmus juga menuturkan bahwa terdapat 154 sekolah, baik swasta maupun negeri yang berada di bawah naungan Dinas PK Kabupaten Lembata. Jumlah tersebut, imbuhnya, terdiri atas 15 TK/PAUD, 101 SD, dan 38 SMP. Kemudian, sambungnya, terdapat 1.304 orang tenaga pendidik dan kependidikan yang mengabdi di semua sekolah, baik swasta maupun negeri dengan perincian 980 orang guru PNS dan 324 orang guru pada sekolah swasta di bawah Kemenag.

 

Pantauan media, kegiatan tersebut dihadiri oleh hampir 400 orang peserta yang terdiri dari Kepala PAUD, SD/MI dan SMP/MTs, pengurus yayasan, pemerhati pendidikan, LSM, serta lembaga keuangan.

 

Berita dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments