Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SNMPTN 2022 SEGERA DIMULAI, INI SYARAT PENTINGNYA


 


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal dan tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Dilansir dari laman LTMPT, jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilakukan melalui tiga jalur.

 

Pertama, SNMPTN yang dilakukan berdasarkan hasil penelurusan prestasi akademik atau portofolio calon mahasiswa. Kedua, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati oleh PTN. Ketiga, seleski mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

 

Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada 14-28 Februari 2022. Pada proses pendaftaran, calon mahasiswa dapat memilih dua program studi (prodi) di sebanyak dua PTN. Jika memilih dua prodi, maka salah satunya merupakan PTN yang berada pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Sedangkan, bila memilih satu prodi, maka dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Selanjutnya, para peserta juga diminta untuk mengunggah portofolio. Portofolio tersebut wajib bagi para peserta yang memilih prodi di bidang olahraga dan seni.

 

Pengumuman hasil SNMPTN 2022 rencananya diberikan pada 29 Maret 2022. Peserta yang lolos akan diminta untuk melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima. Saat ini, proses sosialisasi mengenai Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN sedang berlangsung.

 

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor peserta didik yang eligible mendaftar. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006, KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

 

Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab kepala sekolah.

 

Namun, peserta SNMPTN 2022 juga memiliki persyaratan tersendiri seperti berikut. Pertama, peserta berasal dari SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul. Kedua, memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Ketiga, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS. Keempat, memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. Kelima, peserta yang memilih prodi di bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

 

Sementara itu, persyaratan bagi sekolah adalah sebagai berikut. Pertama, SMA/MA/SMK harus mempunyai NPSN. Kedua, ketentuan Akreditasi adalah A (40 persen terbaik di sekolahnya); B (25 persen terbaik di sekolahnya); C dan lainnya (5 persen terbaik di sekolahnya). Ketiga, wajib mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data peserta didik yang diisi hanya yang eligibel sesuai dengan ketentuan.

 

Di samping itu, ketentuan pemeringkatan peserta didik oleh sekolah pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

1)     1) Jurusan IPA

-          Matematika

-          Bahasa Indonesia

-          Bahasa Inggris

-          Kimia

-          Fisika

-          Biologi Baca

2)      2) Jurusan IPS

-          Matematika

-          Bahasa Indonesia

-          Bahasa Inggris

-          Sosiologi

-          Ekonomi

-          Geografi

3)      3) Jurusan Bahasa

-          Matematika

-          Bahasa Indonesia

-          Bahasa Inggris

-          Sastra Indonesia

-          Antropologi

-          Salah satu Bahasa Asing

4)      4) Jurusan SMK

-          Matematika

-          Bahasa Indonesia

-          Bahasa Inggris

-          Kompetensi Keahlian

 

Selain itu, sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat peserta didik bila ada nilai yang bersifat sama. Jumlah peserta didik yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

 

Sesuai rilis, jadwal SNMPTN 2022 adalah sebagai berikut.

1)      1) Pembuatan Akun LTMPT: 4 Januari-15 September 2022

2)      2) PDSS dan SNMPTN Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2021-8 Februari 2022

3)      3) Sosialisasi SNMPTN 1 Desember 2021-28 Februari 2022

4)      4) Launching Kegiatan PMB: 4 Januari 2022

5)      5) Penetapan Siswa Eligible: 4 Januari-8 Februari 2022

6)      6) Pengisian PDSS: 8 Januari-8 Februari 2022

7)      7) Pendaftaran SNMPTN: 14 - 28 Februari 2022

8)      8) Pengumuman Hasil SNMPTN 29 Maret 2022

 

Sumber : Kompas.com

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments