Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 1 LARANTUKA DUKUNG PROGRAM LITERASI

 



Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Larantuka, Lusia Yasinta Tuti Fernandez, S.Pd menegaskan pihaknya siap mendukung segala bentuk, proses, dan program literasi di lingkungan pendidikan. Hal itu disampaikannya ketika diwawancarai oleh media ini di ruang kerjanya, Sabtu (18/12/2021). Menurut Lusia, program literasi merupakan sebuah tuntutan dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bagian dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Nasional (GLN).

 

Ia menuturkan program literasi memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan serta meliputi segala aspek kreativitas dan inovasi, baik untuk peserta didik maupun para guru selaku tenaga pendidik. Terkait peningkatan budaya literasi di kalangan warga sekolah, ujarnya, terdapat guru yang telah menghasilkan karya berupa tulisan atau buku.

 

“Program literasi bertujuan untuk memajukan pendidikan. Hal itu meliputi aspek kreativitas dan inovasi untuk peserta didik dan juga guru. Terkait peningkatan budaya literasi, ada guru kami yang telah menghasikan karya berupa tulisan atau buku,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, terang Lusia, pihaknya siap menerima dan memberikan ruang bagi program-program literasi yang diberikan oleh para penggerak literasi, termasuk Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Hal itu, imbuhnya, mampu menguatkan segala kegiatan dan aktivitas yang literat di lingkungan pendidikan, sehingga bisa meningkatkan kompetensi guru serta kreativitas peserta didik.

 

“Dengan adanya proses seperti ini, segala bentuk kegiatan dan aktivitas di lingkungan pendidikan bisa mendukung kemajuan pendidikan di NTT pada umumnya, sehingga dapat diperhatikan dan tentunya bisa memberikan informasi ke masyarakat luas,” ungkapnya.


Kepala SMK Negeri Larantuka, Lusia Yasinta Tuti Fernandez, S.Pd.

Melakukan Penataan Sekolah

 

Sementara itu, terkait kondisi sekolah, jelas Lusia, pihak SMK Negeri 1 Larantuka sedang melakukan penataan dan pembenahan kembali lingkungan internal sekolah, seperti jalan, taman dan sebagainya. Hal itu, jelasnya, menjadi faktor penting dalam dunia pendidikan.

 

“Kami sedang melakukan penataan  dan pembenahan kembali lingkungan sekolah, seperti jalan, taman, dan sebagainya. Hal itu adalah faktor penting dalam dunia pendidikan,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, SMK Negeri 1 Larantuka awalnya memiliki 2 jurusan utama, yakni Teknik Bangunan dan Teknik Mesin (Otomotif). Namun, seiring berjalannya waktu, 2 jurusan tersebut berkembang menjadi 7 jurusan, yakni Konstruksi bangunan, Teknik Kendaraan Ringan (Mesin), NKPI (Nautika Kapal Penangkapan Ikan), TKPI (Teknika Kapal Penangkapan Ikan),  Agrobisnis Perikanan, Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Usaha Pariwisata. Selain itu, SMK Negeri 1 Larantuka memiliki jumlah tenaga pendidik sebanyak 84 orang.

 

Berita dan Foto : Petrus Baka

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments