Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MERIAHKAN HUT KE-63 PROVINSI NTT, MPC NTT GELAR LOMBA MENULIS

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT menggelar lomba menulis opini dan puisi untuk kategori siswa SMA/SMK, mahasiswa, guru dan masyarakat umum. Penyelenggaraan lomba tersebut merupakan salah satu upaya dan komitmen MPC NTT untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah NTT. Hal itu disampaikan oleh Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno ketika melakukan pertemuan virtual via Google Meet, Rabu (9/12/2021).

 

Gusty menuturkan bahwa kegiatan perlombaan menulis tersebut juga menjadi bagian penting dalam mendukung gerakan literasi guna mewujudkan NTT bangkit dan sejahtera. MPC NTT, imbuhnya, terus membuka peluang dan wadah untuk mengakarkan budaya literasi di Provinsi NTT dengan membangun komitmen dan kerja kolaboratif bersama semua pihak. Hal itu, tegasnya, sesuai dengan tema kegiatan tersebut, yakni “Literasi Cahaya Kebangkitan NTT”.

 

“Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT sudah bergerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di NTT sebagai upaya mendukung NTT bangkit dan sejahtera melalui gerakan literasi. Lomba ini juga untuk membuka sebuah komitmen bersama agar terus bergerak dalam mengakarkan budaya literasi di NTT. Hal itu sesuai dengan tema kegiatan kita, yakni ‘Literasi Cahaya Kebangkitan NTT’, ” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Lomba Menulis, Beatrix Yunarti Manehat mengungkapkan bahwa kegiatan perlombaan tersebut merupakan kontribusi nyata MPC NTT dalam merayakan kebangkitan literasi di wilayah Provinsi NTT. Menurutnya, di momentum HUT ke-63 Provinsi NTT, semua pihak harus bisa merayakan fakta peningkatan indeks literasi NTT yang berada pada rata-rata 51.53% di atas indeks literasi nasional yang berkisar pada rerata 48.87%.

 

Fakta tersebut, jelas Beatrix, telah menunjukan suatu perkembangan luar biasa terhadap proses peningkatan budaya literasi di NTT. Maka dari itu, pungkasnya, kegiatan lomba menulis opini dan puisi bersama MPC NTT tersebut bisa mendorong seluruh masyarakat NTT untuk membumikan dan mengakarkan budaya literasi, terutama literasi membaca dan menulis secara baik serta berkelanjutan.



 

Syarat dan Ketentuan Lomba

 

Sementara itu, proses pendaftaran kegiatan lomba menulis opini dan puisi bersama MPC NTT akan berlangsung pada tanggal 9-17 Desember 2021 melalui link pendaftaran bit.ly/LITERASINTT tanpa dipungut biaya (gratis). Secara umum, syarat dan ketentuan perlombaan adalah sebagai berikut :

 

1)  naskah opini/puisi merupakan hasil karya pribadi dan bukan hasil plagiasi;

 

2)  naskah opini/puisi ditulis sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI);

 

3)  tulisan tidak melanggar SARA dan belum pernah diterbitkan di media manapun;

 

4)  setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 opini/puisi terbaiknya;

 

5)  untuk opini, panjang naskah minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata. File disimpan dalam bentuk *Doc;

 

6)  untuk puisi, judul ditulis paling awal dengan menggunakan ukuran font 14. Nama penulis ditulis tepat di bawah judul puisi. Panjang puisi maksimal 2 halaman;

 

7)  naskah diketik menggunakan Microsoft Word, kertas A4, huruf Times New Romans 12 pt, spasi 1 margin normal dan rata kiri-kanan (justify);

 

8)  menyertakan biodata penulis dalam bentuk narasi (kalimat/paragrapf) maksimal 50 kata di akhir tulisan (dalam file yang sama).

 

Setelah itu, naskah yang terkumpul akan dikurasi dan dinilai oleh Tim Juri pada tanggal 18-19 Desember 2021 dan kemudian diumumkan pemenang lomba untuk setiap kategori pada tanggal 20 Desember 2021. Sesuai rilis, apresiasi atau hadiah yang akan diberikan bagi para pemenang adalah sebagai berikut : 


    1) juara I/kategori : Rp. 1.000.000 + sertifikat;


    2) juara II/kategori : Rp. 750.000 + sertifikat;


    3) juara III/kategori : Rp. 500.000 + sertifikat;


    4) 10 opini dan puisi terbaik akan dimuat pada laman cakrawalantt.com;


    5) 25 opini dan 25 puisi terbaik akan dibukukan;


    6) semua peserta akan mendapatkan sertifikat.

 

Untuk informasi lebih lanjut, para peserta bisa menghubungi Contac Person (CP) berikut :

 

1)         1)     085333331996 (Dyan)

            2)     082237400471 (Silda)

 

 

Berita dan Foto : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments