Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MERIAHKAN HARI NATAL, PONDOK BACA KAMPUNG KABOR MAUMERE GELAR PENYERAHAN HADIAH LOMBA

 




Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Natal 2021, Pondok Baca Kampung Kabor Maumere menggelar seremonial penyerahan hadiah lomba kepada para peserta, Sabtu (25/12/2021). Kegiatan perlombaan yang diselenggarakan tersebut meliputi lomba membaca Kitab Suci, membaca puisi, dan mewarnai tingkat PAUD/TKK dan SD.

 

Hal itu diutarakan oleh Pendiri Pondok Baca Kampung Kabor Maumere, Yohanes Kia Nunang ketika ditemui di sela-sela kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan sederhana itu menjadi pijakan awal untuk melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar.

 

Kegiatan seremonial diawali dengan pementasan fragmen singkat berjudul “Asa Yang Tertunda”. Setelah pementasan usai, pihak penyelenggara melanjutkan acara penyerahan hadiah lomba kepada para peserta yang meraih hasil terbaik.

 

Yohanes menuturkan bahwa seremonial tersebut merupakan rangsangan dan motivasi positif untuk mendidik anak-anak agar terbiasa dengan budaya membaca dan menulis. Hal itu, imbuhnya, sesuai dengan tujuan terbentuknya Pondok Baca Kampung Kabor, yakni untuk memfasilitasi dan mewadahi semangat membaca anak-anak.

 

“Hadiah-hadiah yang akan diberikan kepada anak-anak ini harus dilihat sebagai rangsangan dan motivasi untuk mendidik anak dalam budaya membaca dan menulis.  Kehadiran Pondok Baca Kampung Kabor ini berawal dari rasa keperihatinan terhadap anak-anak dimana tidak ada wadah yang boleh menfasilitasi semangat membaca mereka,” ungkap Yohanes.



Lebih lanjut, terang Yohanes, jumlah peserta yang berpartisipasi di dalam perlombaan tersebut adalah sebanyak 25 orang. Seluruh peserta, tuturnya, adalah anak-anak binaan Pondok Baca Kampung Kabor sendiri. Pihak penyelenggara, sambungnya, menyiapkan berbagai macam apresiasi dan hadiah bagi para pemenang, seperti uang pembinaan, buku tulis, penggaris, dan sebagainya.

 

Sementara itu, salah satu pemenang lomba, Alexandria Patriwalen mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang dan bahagia karena bisa terlibat aktif di dalam kegiatan tersebut. Harapannya, semoga Pondok Baca Kampung Kabor bisa semakin maju dan kreatif dalam mendorong semangat anak-anak.


Untuk diketahui, berikut daftar pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Pondok Baca Kampung Kabor :

 



Wadah Pembelajaran bagi Anak

 

Di lain pihak, salah satu tim juri yang turut hadir, Gaudensius Gagi, S.Sos mengungkapkan bahwa Pondok Baca Kampung Kabor merupakan wadah pembelajaran bagi anak. Meskipun masih mengalami kekurangan fasilitas, ujarnya, pondok baca tersebut bisa menjadi mitra kolaboratif bersama pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sikka, terutama dalam menunjang pengadaan sarana dan prasarana.

 

“Ini merupakan wadah pembelajaran bagi anak. Pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sikka siap menjadi mitra kolaborasi,” ujarnya.

 

Gaudensius juga menjelaskan bahwa pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sikka sedang membangun pondok baca di setiap wilayah Kabupaten Sikka. Maka dari itu, sambungnya, pihak dinas terkait sedang membangun kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk pihak kelurahan dan desa. Hal itu, tegasnya, bisa menjadi penunjang dalam menumbuhkan karakter, semangat pendidikan, dan literasi kepada masyarakat, terutama anak-anak.  



Mengenal Pondok Baca Kampung Kabor

 

Di sisi lain, Yohanes pun berkisah pondok baca tersebut bermula dari sebuah tempat sampah kumuh. Namun, dengan semangat yang terpanggil untuk meningkatkan budaya literasi, tandasnya, muncul rasa empati untuk “menyulap” tempat tersebut menjadi pondok baca yang nyaman dan berkualitas. Dengan adanya pondok baca tersebut, ungkap Yohanes, dirinya yakin anak-anak di sekitaran Kampung Kabor bisa menjadi generasi penerus bangsa dan Nian Tanah Sikka yang literat serta berkualitas.

 

Pondok baca tersebut, jelas Yohanes, berdiri pada 10 November 2021 lalu. Meskipun masih seumur jagung, imbuhnya, pondok baca ini sangat menekankan prinsip kebersamaan, kekeluargaan, toleransi, serta gotong-royong. Selain itu, ujarnya, pondok baca tersebut juga sudah membangun kerja sama dengan pihak Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka, BRI Cabang Maumere, Pemerintah Kelurahan Kabor, serta semua masyarakat Kabor.

 

“Pagi-pagi Bapak  Lurah  Kabor datang membawa buku untuk pondok baca kampung kabor, sehingga saya terharu dengan rasa peduli Pemerintah Kelurahan Kabor tersebut, pungkas Yohanes setelah menyerahkan hadiah perlombaan.

 

Teks dan Foto : Sebastian Kopong

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments