Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DINAS PK TTS DUKUNG TTS MENUJU KABUPATEN LITERASI

 




TTS, CAKRAWALANTT.COM - Budaya literasi merupakan satu hal penting yang perlu digaungkan bahkan didorong pergerakannya oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang dapat disebut atau dikenal dengan gerakan semesta.

 

Berkaitan dengan literasi, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (PK) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar pertemuan bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT yang adalah sahabat penggerak literasi Provinsi NTT di ruang kerjanya, Kamis (16/12/2021).

 

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas PK TTS, Dominggus Banunaek menandaskan bahwa pihak Dinas PK siap mendukung setiap gerakan dan kegiatan literasi di Kabupaten TTS. Hal itu, imbuhnya, juga bertujuan untuk mendukung Kabupaten TTS menjadi salah satu Kabupaten Literasi di Provinsi NTT. Maka dari itu, sambungnya, pihak Dinas PK selalu mendukung semua pelatihan dan pendampingan menulis bersama MPC NTT.

 

“Kami dari Dinas PK siap mendukung gerakan literasi ini, terutama untuk menjadikan TTS sebagai Kabupaten Literasi dengan adanya pelatihan dan bimbingan penulisan ilmiah bersama wadah penunjang, yakni Media Pendidikan Cakrawala NTT,” tandasnya.

 

“Terdapat banyak hal yang perlu kita duduk bersama seperti ini untuk pecahkan dan cari solusinya demi perkembangan dan kemajuan pendidikan di daerah ini,” sambung Dominggus.

 

Mengangkat Pendidikan Muatan Lokal

 

Dominggus juga menambahkan bahwa pihaknya sedang merancang dan mendorong kebijakan agar pendidikan muatan lokal terkait bahasa daerah atau hasil lokal, seperti cendana bisa menjadi kebanggaan daerah. Hal itu, imbuhnya, bertujuan agar para generasi penerus tidak melupakan setiap warisan budaya. Maka dari itu, tegasnya, perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) yang bisa memasukan pendidikan muatan lokal ke dalam kurikulum pendidikan.

 

Sementara itu, Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas PK yang telah menyambut baik gerakan MPC NTT untuk menjadi sahabat penggerak literasi di daerah tersebut. Ia mengharapkan agar seiring berjalannya waktu sinergisitas dan kerja kolaboratif untuk menjadikan Kabupaten TTS sebagai Kabupaten Literasi bisa terwujud.

 

Ia juga menambahkan bahwa penguatan pendidikan muatan lokal di sekolah juga perlu disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang berada atau berdomisili pada beberapa wilayah di Kabupaten TTS, seperti Mollo dan Kolbano, sehingga bisa menjadi sinkron.

 

Di lain pihak, Koordinator Pengawas (Korwas), Yunus Missa mengatakan bahwa terkait literasi, pihaknya sudah membuat kegiatan serupa bersama MPC NTT, tetapi terhenti karena situasi pandemi Covid-19. Di tahun ini, tuturnya, pihak MPC kembali membangun  sinergisitas sehingga bisa kembali menggerakan semangat literasi secara bersama-sama. Selain itu, sambungnya, program literasi sangat dibutuhkan di dunia pendidikan karena setelah Kurikulum 2013 (K-13), terdapat kurikulum paradigma yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiah oleh peserta didik.

 

Pantauan media, pertemuan bersama Kepala Dinas PK TTS tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas PK TTS, para Kepala Bidang di lingkup Dinas PK TTS, para pengawas, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan K3S beserta Tim MPC NTT.

 

Teks dan Foto : Albert Baunsele

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments